Tak perlu air beras, ini cara menghilangkan kerutan pada wajah hanya pakai masker dari 1 jenis minuman

21 November 2023 16:12 WIB

Brilio.net - Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan di wajah merupakan bagian dari proses alami yang berubah seiring bertambahnya usia seseorang. Tidak hanya dikaitkan dengan penuaan, kerutan ini merupakan perubahan struktural pada kulit yang mencerminkan ekspresi, kegembiraan seperti senyum, tertawa, dan ekspresi wajah lainnya yang berulang kali. Gerakan yang berulang kali ini bisa menimbulkan garis halus.

Seiring bertambahnya usia, elastisitas alami kulit akan berkurang. Garis-garis halus itu pun akan sulit hilang dan menyebabkan kerutan. Hal tersebut dipicu karena sel-sel kulit mulai melambat dalam proses regenerasinya. Lapisan dermis pun mulai ikut menipis. Begitu pula dengan jaringan kolagen dan serat elastin yang perlahan mulai terurai dan mengendur.

Kemudian, kulit mulai mengalami depresi hingga memunculkan keriput-keriput di sekitar wajah. Tidak hanya disebabkan faktor usia, kerutan juga bisa dipicu oleh kurangnya kelembapan, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta kebiasaan merokok. Garis-garis halus pada akhirnya bisa menjadi permanen dan bertransisi menjadi kerutan.

Setiap orang pun pada akhirnya akan mendapatkan semacam pembentukan garis halus maupun kerutan pada kulitnya. Ini memang bukan masalah yang serius yang harus dikhawatirkan, namun banyak wanita yang merasa kurang percaya diri dengan munculnya kerutan di wajah. Jika kamu termasuk yang mengalaminya? Nggak perlu panik.

Selain berkunjung ke dokter kecantikan, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan kerutan di wajah. Mulai dari mengubah pola makan dengan rutin mengonsumsi sayuran atau buah-buahan mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit. Menghindari merokok juga bisa mencega penuaanh.

Melakukan treatment rumahan dengan memanfaatkan bahan alami, seperti air beras yang bisa dijadikan masker bisa jadi salah satu solusi, lho. Sebagian orang memilih untuk memanfaatkan air beras guna mengatasi kerutan di wajahnya. Ada yang membuatnya sebagai toner, serum, hingga masker wajah. Padahal selain air beras, kamu juga bisa mengatasi kerutan di wajah dengan bahan alami lain yang tak kalah efektif.

Salah satunya seperti unggahan video dari akun TikTok @masterchefph yang membagikan cara menghilangkan kerutan pada wajah dengan 1 jenis minuman. Minuman yang dimaksud adalah susu cair. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung jagung atau tepung maizena dan putih telur.

Susu merupakan salah satu minuman yang tinggi akan kalsium di dalamnya. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, susu juga memiliki beragam manfaat untuk kulit. Susu mengandung protein tinggi serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Masker yang mengandung susu dipercaya dapat membantu mengencangkan sekaligus menjadi pelembap alami kulit. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu memperbaiki kondisi kulit, sehingga membuatnya terlihat awet muda.

Selain itu, bahan lain seperti tepung jagung memiliki manfaat untuk mengencangkan wajah dan mengatasi kerutan. Tepung jagung atau maizena mengandung sejumlah protein yang dapat membantu untuk meningkatkan kolagen dan tanda penuaan. Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi dan garis halus.

Tak terkecuali dengan putih telur yang mengandung albumin. Kandungan ini mampu bekerja menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit. Sehingga aliran darah menjadi lancar, kulit terasa kencang, dan pori-pori mengecil. Albumin pada putih telur juga dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur. Bukan cuma itu, manfaat putih telur lainnya yaitu ampuh melawan berbagai tanda penuaan, mulai dari mengangkat sel kulit mati, keriput, sampai menyamarkan garis-garis halus.

Cukup dengan ketiga bahan tersebut, kamu dapat menghilangkan kerutan di wajah. Bahan-bahan tersebut dapat kamu olah menjadi masker yang bermanfaat untuk mengencangkan wajah dengan cara merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Yuk, simak cara membuatnya berikut, seperti dilansir briliobeauty.net dari TikTok/@masterchefph pada Selasa (21/11).

Bahan:

foto: TikTok/@masterchefph

1. 1/4 cup tepung jagung
2. 1 butir putih telur
3. 2 sendok makan susu cair

Cara membuat:

foto: TikTok/@masterchefph

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Gunakan brush untuk mengaplikasikan masker pada wajah
4. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Pakai masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas kerutan dan tampak awet muda.

(brl/mal)