Tak perlu beli hand cream, ini trik atasi tangan kering keriput jadi lembut pakai 1 bahan pemanis

14 / 05 / 2024 05:27 WIB

Brilio.net - Banyak orang yang hanya memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit wajah saja. Padahal ada bagian tubuh lain yang perlu dirawat agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Tangan adalah bagian tubuh yang kerap kali terlewatkan perawatannya.

Tangan merupakan ujung tombak sekaligus salah satu bagian tubuh yang paling aktif saat beraktivitas. Akibatnya, sama seperti wajah, kulit tangan pun rentan terkena sinar matahari dan polusi. Seperti yang diketahui, polusi dan sinar matahari sama-sama bisa merusak sel-sel kulit dan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah kulit tangan menjadi kering dan penuh keriput.

Mengapa masalah tersebut bisa terjadi? Pasalnya, pancaran sinar matahari dan polusi dapat mempercepat penguapan kelembapan alami kulit dan merusak sel kulit yang disusun kolagen dan elastin-komponen penyusun struktur kulit yang kekuatannya sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembapan. Dengan kata lain, kulit tangan yang mengering akhirnya menjadi kasar dan menimbulkan kerutan.



Tak hanya paparan sinar matahari saja, ternyata tangan yang kering dan keriput juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Seperti perubahan cuaca, polusi, sering terpapar sabun seperti sabun cuci piring dan detergen, penggunaan hand sanitizer, serta efek penuaan.

Tenang, kamu nggak perlu sampai membeli hand cream khusus kok untuk mengatasinya. Soalnya, kamu bisa mencoba racikan alami sebagai solusi alternatif membuat tanganmu kembali lembut dan halus. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran madu bersama aloe vera dan minyak kelapa, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @akankshaa_rana_, Senin (13/5).

Ternyata madu efektif untuk mengatasi kulit tangan yang terlalu kering.

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat efektif dalam melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu bisa menghidrasi dan menutrisi kulit secara mendalam. Madu juga mengandung asam alpha-hydroxy (AHA) yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga dapat menghaluskan kulit secara perlahan.

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, sifat antiinflamasi dalam madu bisa mengurangi kerutan, melembapkan, dan mencegah munculnya tanda penuaan lainnya. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan vitamin E di dalamnya ampuh mengatasi keriput dan mempercepat regenerasi kulit.

Kandungan minyak kelapa untuk menghaluskan tangan kering.

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak dan asam laurat yang dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Khasiat ini menjadikan minyak kelapa efektif membantu mengembalikan kelembapan serta meningkatkan kehalusan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki potensi untuk memperbaiki tampilan kulit berkat kandungan asam laurat yang dimilikinya.

Manfaat gel aloe vera untuk mengatasi tangan kering dan keriput.

foto: freepik.com

Gel aloe vera memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan enzim yang mampu mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, aloe vera juga memiliki sifat menenangkan dan mampu menjaga kelembaban kulit, membantu meredakan peradangan, dan meremajakan sel-sel kulit, sehingga dapat membantu mengurangi tampilan kasar dan kerutan di area tangan.

Untuk menggunakan ketiga bahan di atas, kamu bisa mengikuti petunjuk sederhana berikut.

Alat dan bahan:

- 1 sendok teh gel aloe vera
- 1 sendok teh minyak kelapa
- 1 sendok teh madu murni
- 1-2 kapsul vitamin E (opsional, bila ada)
- Wadah kecil dan sarung tangan plastik

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@akankshaa_rana_

1. Persiapkan gel aloe vera, minyak kelapa, dan madu murni masing-masing 1 sendok teh
2. Campurkan seluruh bahan tersebut dalam sebuah wadah kecil
3. Bila ada, tambahkan pula 1-2 kapsul vitamin E ke dalamnya (opsional)
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan racikan ini membaluti area tangan secara menyeluruh sembari sedikit dipijat
6. Tutup dengan sarung tangan plastik selama 15-20 menit, lalu bilas dengan bersih
7. Gunakan 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akanksha Rana (@akankshaa_rana_)