Tak perlu beli krim kolagen, ini trik simpel hapus stretch marks di kulit badan pakai 1 jenis minyak

20 November 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Stretch marks (striae distensae) merupakan sebuah istilah yang menggambarkan garis-garis guratan di kulit. Secara umum, garis guratan ini muncul ketika kulit mengalami proses peregangan konstan yang ekstrem, sehingga jaringan kolagen dan elastin dalam dermis (lapisan tengah kulit) mengalami kerusakan. Seiring dengan peregangan yang berlebih, serat-serat elastin dan kolagen pun menjadi robek dan akhirnya menghasilkan stretch marks.

Salah satu faktor utama yang memicu kemunculan stretch marks ialah kenaikan berat badan, seperti saat hamil atau akibat penumpukan lemak. Hal ini karena peningkatan berat badan dapat menyebabkan kulit meregang dalam waktu yang lama, sehingga akan memicu tekanan pada kulit secara signifikan. Hal ini kemudian membuat serat-serat kolagen dan elastin di dalam kulit rusak, sehingga ketika kembali ke kondisi awalnya, akan memunculkan bekas selulit tersebut.

Apabila dihadapkan pada masalah ini, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, garis-garis stretch marks ini nyatanya bisa dipudarkan dengan menggunakan bahan-bahan alami saja lho.


Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran minyak almond, aloe vera, dan petroleum jelly sebagaimana diperagakan oleh pemilik akun Instagram @indianbeautysecrets, dilansir briliobeauty.net pada Senin (20/11).

foto: freepik.com

Minyak almond kaya akan kandungan seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E. Kandungan ini memiliki sifat melembapkan yang baik, sehingga mampu meningkatkan elastisitas dan menguatkan struktur kulit. Selain itu, minyak almond juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting dalam memperbaiki dan mengencangkan kulit rusak.

foto: freepik.com

Gel pada daun aloe vera sejatinya mengandung berbagai nutrisi, seperti enzim, vitamin, serta antioksidan. Kandungan polisakarida di dalam aloe vera dapat menstimulasi produksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan. Sementara itu, senyawa enzim dan asam amino pada tanaman ini berperan penting dalam membentuk protein kolagen dan elastin serta meningkatkan regenerasi sel kulit, sehingga akan memudarkan stretch marks dalam prosesnya.

foto: freepik.com

Petroleum jelly memiliki sifat oklusif yang berperan sebagai penghalang efektif untuk mencegah kelembapan menguap dari dalam kulit. Hal ini membantu kulit tetap terhidrasi, sehingga akan meminimalkan kemunculan stretch marks. Selain itu, petroleum jelly juga membantu mengurangi rasa gatal yang seringkali menyertai stretch marks.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan petroleum jelly
2. 2 sendok makan gel aloe vera
3. 1 sendok teh minyak almond
4. 2 kapsul vitamin E (opsional, bila ada)
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@indianbeautysecrets

1. Persiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.
2. Masukkan petroleum jelly dan gel lidah buaya masing-masing 1 sendok makan dalam wadah kecil.
3. Tuangkan 1 sendok teh minyak almond setelahnya.
4. Bila ada, tambahkan 2 kapsul vitamin E bersama seluruh bahan tadi (opsional).
5. Aduk seluruh bahan hingga menjadi kental dan tercampur rata.
6. Oleskan gel ini sebanyak 2 kali sehari di area yang punya bekas stretchmarks.
7. Pijatlah gel tersebut selama 2 menit, lalu biarkan hingga menyerap sempurna.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by YAMINI (@indianbeautysecrets)

(brl/jad)