Tak perlu beli lulur wajah, ini trik mencerahkan kulit kusam agar tampak fresh pakai 2 jenis buah

31 Oktober 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Wajah yang tampak cerah dan bersinar sepanjang hari pasti ingin dimiliki oleh siapapun. Pasalnya, wajah cerah membuat penampilan seseorang terlihat fresh ketika menjalani aktivitas harian. Sayangnya, kondisi ini tidak bisa dimiliki setiap orang, karena ada beberapa yang justru mengalami masalah kulit tampak kusam.

Penyebab utama dari kulit kusam ini karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Kurangnya asupan air dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, sehingga menyebabkan wajah tampak kering, kusam, dan bersisik. Tak hanya itu, pengaruhi kulit menjadi kusam juga datang dari paparan sinar matahari.

Sinar UV yang menyengat pada kulit secara langsung bisa merangsang produksi melanin. Kondisi ini pada akhirnya bisa menimbulkan flek hitam atau hiperpigmentasi. Di sisi lain, faktor yang membuat kulit menjadi kusam tidak hanya dari luar saja. Faktor lain yakni kurangnya nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A, serta zinc juga mempengaruhi kulit kusam.

Semua kandungan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan kulit, menjaga elastisitas, dan mencerahkan warna. Untuk mencerahkan kulit kusam, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan secara rutin. Mulai dari mencukupi asupan air di dalam tubuh minimal delapan gelas perhari. Lalu menjaga pola makan sehat, dengan mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tabir surya ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lulur wajah yang terbuat dari bahan alami. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube lifestyleshiny yang memakai dua jenis buah yaitu apel dan beetroot untuk membantu mencerahkan kulitnya.

Kedua buah ini memiliki manfaat dan kandungannya masing-masing. Apel mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan senyawa fenolik yang membantu melawan kerusakan radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan menghidrasi kulit dengan baik. Kandungan vitamin C juga bisa meningkatkan produksi kolagen, agar kulit tetap kencang dan elastis.

Lalu, adanya buah beetroot dalam lulur wajah ini bisa memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Hal ini lantaran buah bit mengandung nitrat alami. Di sisi lain adanya antioksidan berupa betalain bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan merangsang sel-sel kulit baru.

Nah, tertarik menggunakan lulur wajah dari buah-buahan tersebut? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak cara membuat dan penggunaannya, seperti dilansir briliobeauty.net pada Selasa (31/10).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/lifestyleshiny

1. 1/2 buah apel
2. 1/2 buah beetroot
3. 1 sendok makan tepung beras
4. 1 sendok teh kopi
5. 1 sendok teh bubuk kunyit.

Cara membuat:

foto: YouTube/lifestyleshiny

1. Cuci bersih buah apel dan beetroot
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Masukkan ke dalam blender
4. Haluskan buah-buahan tersebut
5. Tuangkan ke dalam mangkuk
6. Tambahkan tepung beras ke dalam mangkuk tersebut
7. Campurkan dengan bubuk kopi dan kunyit
8. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/lifestyleshiny

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Aplikasikan lulur tersebut dengan menggunakan brush
3. Diamkan kurang lebih 15 hingga 30 menit
4. Pijat-pijat kurang lebih tiga hingga empat menit
5. Bersihkan dengan menggunakan air hangat
6. Keringkan menggunakan handuk atau tisu bersih
7. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan trik ini secara rutin.

(brl/mal)