Tak perlu beli masker antiaging, ini trik kencangkan kerutan wajah pakai susu dicampur 1 jenis minuman

07 / 06 / 2024 14:25 WIB

Brilio.net - Kerutan di wajah biasanya akan mulai muncul pada seseorang yang berusia di atas 30 tahun. Meski pada usia ini, kerutan yang muncul belum terlalu dalam. Namun, seiring bertambahnya usia, kerutan akan sangat terlihat dan berubah menjadi keriput.

Bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena penurunan produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit. Padahal kedua komponen tersebut sangat penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Bahkan regenerasi kulit juga akan ikut melambat seiring bertambahnya usia. Karena itulah, kulit jadi mudah mengalami kerusakan dan penuaan.

Selain faktor usia, kerutan di wajah dan tanda penuaan lainnya juga disebabkan oleh faktor lain. Seperti paparan sinar matahari, polusi, perubahan cuaca, dehidrasi, kulit kering, efek stres, dan gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai faktor tersebut dapat merusak jaringan kolagen dan membuat kulit cepat rusak.

Meski menjadi hal yang pasti dialami oleh semua orang, namun wajah yang penuh kerutan dapat menurunkan kepercayaan diri. Karena itulah, banyak orang mencari cara untuk mengencangkan wajahnya yang penuh kerutan. Salah satunya dengan menggunakan masker antiaging.

Masker antiaging memang efektif untuk mengatasi kerutan di wajah, namun ternyata kamu bisa membuat masker antiaging sendiri lho. Bahkan dengan harga yang lebih ekonomis, karena menggunakan bahan-bahan alami.

foto: TikTok/@karronsdhinggraofficial

Nah, kamu bisa meniru caranya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @karronsdhinggraofficial. Dalam video tersebut, pemilik akun menggunakan susu dan castor oil untuk mengencangkan kerutan wajah. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @karronsdhinggraofficial, Jumat (7/6).

Bahan:

- 2 sendok makan susu cair
- 1 sendok makan castor oil
- Kapas secukupnya

foto: TikTok/@karronsdhinggraofficial

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk kedua bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Keringkan wajah menggunakan handuk
5. Celupkan kapas pada campuran susu cair dan castor oil
6. Aplikasikan pada wajah secara menyeluruh
7. Diamkan sampai kering atau sekitar 10-15 menit
8. Bilas menggunakan air dingin
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@karronsdhinggraofficial

Manfaat susu untuk mengatasi berbagai tanda penuaan wajah.

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, susu juga efektif untuk merawat kulit. Susu mengandung protein tinggi serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Masker yang mengandung susu diklaim mampu mengencangkan sekaligus menjadi pelembap alami kulit. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya juga efektif untuk memperbaiki kondisi kulit, sehingga membuatnya terlihat awet muda.

Kandungan castor oil untuk mengencangkan kerutan di wajah.

Castor oil mengandung asam lemak yang dapat melembapkan kulit. Kandungan tersebut dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah, tak terkecuali garis halus area wajah. Selain itu, sifat emolien pada castor oil juga diketahui mampu memperbaiki tekstur kulit agar tampak lebih sehat. Bahkan vitamin dan antioksidan-nya juga efektif untuk mengencangkan kerutan dan tanda penuaan wajah lainnya.