Tak perlu beli night cream, TikToker ini bagikan cara kencangkan wajah kendur pakai 3 bahan alami

23 / 05 / 2024 12:25 WIB

Brilio.net - Semakin bertambahnya usia seseorang, maka kulit juga akan ikut menua. Penuaan kulit ini ditandai dengan munculnya keriput, kulit mulai kendur dan lain sebagainya. Perubahan ini tentunya membuat sebagian orang resah dan kurang percaya diri, pasalnya tak sedikit orang ingin mempertahankan kecantikannya meski sudah memasuki usia tua.

Bukan tanpa alasan, menurunnya kekencangan kulit disebabkan kandungan kolagen dan minyak yang terus berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin tua usia, lemak di wajah juga akan semakin berkurang dan menipis, sehingga jaringan lemak yang tersebar di berbagai area wajah menjadi lebih kendur.

Selain proses penuaan, kulit kendur juga bisa dialami orang yang menjalani diet akibat obesitas. Perubahan itu akan terlihat di beberapa area tubuh terutama leher, lengan, perut, dan paha.

Tak hanya itu saja, kulit yang mengendur juga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, perubahan cuaca, hingga efek stres. Proses ini memang tidak dapat dihindari, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya, lho.

Nah, kamu bisa mengencangkan kulit (terutama kulit wajah) dengan melakukan perawatan yang tepat. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare antiaging (night cream), serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Night cream memang kerap kali digunakan untuk merawat wajah kendur. Semua itu berkat kandungan niacinamide, kolagen booster, serta vitamin C di dalamnya. Namun biasanya, night cream memiliki harga yang relatif mahal.

Solusi lainnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @punes_dchellzsbeauty. Dalam videonya tersebut, ia menggunakan 3 bahan alami yakni yoghurt, aloe vera gel, dan madu.

TikToker kencangkan wajah kendur 3 bahan alami
© 2024 TikTok/@punes_dchellzsbeauty

Manfaat yoghurt untuk mengatasi wajah kendur.

Cara kencangkan wajah kendur
© 2024 Freepik.com/berbagai sumber

Yoghurt kerap dimanfaatkan untuk mengatasi penuaan pada kulit, seperti wajah kendur. Bahan alami ini memang kaya akan vitamin dan mineral, yang sering menjadi bahan tambahan dalam produk perawatan kulit, termasuk seng, vitamin B, kalsium, dan asam laktat. Asam laktat inilah yang sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit antiaging.

Kandungan aloe vera gel untuk menjaga kekencangan kulit wajah.

Cara kencangkan wajah kendur
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Aloe vera gel juga dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih kencang, lembap, cerah, dan awet muda. Dikutip dari Style Craze, aloe vera gel memiliki kandungan sel fibroblast yang bisa meresap ke dalam kulit. Kandungan itulah yang efektif untuk mengencangkan wajah yang sudah kendur. Tak hanya itu saja, zat tersebut juga dipercaya bisa memperbaiki kulit, termasuk mengurangi tampilan kerutan, keriput, dan garis-garis halus.

Madu dapat mengencangkan wajah kendur secara alami.

Sebagai pemanis alami, madu dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Di antaranya adalah melembapkan dan membuat kulit tetap kenyal. Nah, kemampuan inilah yang juga dapat menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Dilansir dari Journal of Cosmetic Dermatology, madu dapat menghambat pembentukan kerutan dan menghilangkan berbagai tanda penuaan, seperti kulit kendur dan garis halus.

Mengandalkan tiga bahan alami yang disebutkan, kamu bisa membuat overnight mask yang diklaim efektif untuk mengencangkan wajah kendur. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @punes_dchellzsbeauty, Minggu (19/5).

Bahan:

TikToker kencangkan wajah kendur 3 bahan alami
© 2024 TikTok/@punes_dchellzsbeauty

- 1 sendok makan yoghurt plain
- 1 sendok makan aloe vera gel
- 1 sendok makan madu murni

Cara membuat dan menggunakannya:

TikToker kencangkan wajah kendur 3 bahan alami
© 2024 TikTok/@punes_dchellzsbeauty

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata.
3. Pindahkan kedalam jar penyimpanan.
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran.
5. Aplikasikan pada wajah secara menyeluruh.
6. Diamkan selama semalaman.
7. Bilas saat pagi harinya.
8. Lakukan cara ini dengen rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda.