Tak perlu beli pasta pemutih, trik atasi gigi berkerak kuning ini cuma pakai 2 jenis buah

19 / 06 / 2024 21:25 WIB

Brilio.net - Gigi berkerak atau bernoda kuning menjadi salah satu masalah yang paling umum dialami oleh mayoritas orang. Masalah yang satu ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti malas menyikat gigi, terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman berwarna pekat seperti teh dan kopi, merokok, serta penumpukan plak hingga karang gigi.

Apabila kondisi ini tak segera diatasi, maka akan berdampak buruk pada penampilan serta kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, kondisi gigi yang menguning biasanya disertai dengan gangguan lain, seperti bau mulut yang tak sedap, karies gigi, dan infeksi gusi.

Untuk mencegah kondisi ini terjadi, kamu hanya perlu menyikat gigi sehari dua kali, setelah makan dan sebelum tidur. Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih serta rutin melakukan perawatan gigi di dokter ahli.

Namun jika gigi kamu sudah terlanjur menguning, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan penggunaan bahan-bahan alami. Tak perlu beli pasta pemutih mahal di pasaran, karena kamu cukup memanfaatkan 2 jenis buah untuk memutihkan gigi yang berkerak kuning.

Atasi gigi berkerak kuning cuma pakai 2 jenis buah
TikTok/@wetaba51

Seperti halnya unggahan dari pengguna TikTok dengan nama akun @wetaba51, yang memakai kulit pisang dan lemon. Berikut cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir pada Rabu (19/6).

Bahan:

- Kulit pisang yang masih segar
- Perasan lemon atau jeruk secukupnya
- Pasta gigi secukupnya

Atasi gigi berkerak kuning cuma pakai 2 jenis buah
TikTok/@wetaba51

Cara membuat dan menggunakan:

1. Kerok bagian dalam kulit pisang menggunakan sendok
2. Tambahkan perasan lemon atau jeruk dan pasta gigi secukupnya
3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
4. Gunakan pasta untuk menyikat gigi seperti biasa
5. Lakukan hingga ke sela-sela gigi
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Ulangi cara ini dengan rutin setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Atasi gigi berkerak kuning cuma pakai 2 jenis buah
TikTok/@wetaba51

Kandungan kulit pisang untuk memutihkan gigi berkerak kuning.

Dilansir dari Burlington Dental Center, kulit pisang mengandung kalium dan magnesium yang efektif untuk memutihkan gigi. Kalium dan magnesium dalam kulit pisang dapat membantu proses remineralisasi enamel.

Meskipun bahan ini tidak memutihkan gigi secara khusus, namun enamel yang lebih kuat dapat memberikan tampilan gigi yang lebih sehat dan berkilau. Selain itu, sifat kulit pisang yang tidak abrasif dapat meminimalisir pengikisan enamel. Bahkan kandungan potasium dalam kulit pisang juga ampuh menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Manfaat lemon atau jeruk untuk mencegah gigi kuning.

Lemon dipercaya mampu membantu memudarkan noda kekuningan pada gigi. Ini berkat kandungan asam atau vitamin C dalam lemon yang mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Selain itu, pH pada buah sitrus ini juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi, sehingga dapat mencegah pembentukan kerak kuning pada gigi. Bahkan jika digunakan secara rutin, lemon akan membuat mulut lebih segar, bebas bau napas tak sedap, dan putih secara alami.