Tak perlu beli produknya, ini cara bikin minuman kolagen rumahan pakai 2 jenis rempah

17 / 05 / 2024 13:44 WIB

Brilio.net - Banyak cara yang dilakukan agar wajahnya tetap awet muda saat usia semakin bertambah. Ada yang rela melakukan perawatan hingga menghabiskan uang jutaan rupiah. Ada juga yang memilih merawat wajahnya secara rutin dengan bahan-bahan alami, seperti halnya kolagen.

Belakangan ini, produk mengenai kolagen sedang marak lantaran manfaatnya yang bisa bikin wajah awet muda. Kolagen merupakan protein yang melimpah dalam tubuh kita. Fungsinya memainkan peran penting dalam menjaga kekencangan kulit, kekuatan rambut, dan kesehatan kuku.

Namun, saat usia semakin bertambah tua, produksi kolagen alami di dalam tubuh secara perlahan mulai menurun. Dampaknya adalah muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan kendur.

Beberapa hal yang menyebabkan produksi kolagen menurun selain penuaan alami adalah kerusakan akibat paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit. Kerusakan ini menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam dan keriput.

Paparan radikal bebas juga tidak luput menyumbang kerusakan kolagen. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit. Mereka terbentuk akibat paparan polusi, radiasi, dan bahan kimia berbahaya. Radikal bebas dapat memecah kolagen dan elastin, serta mempercepat proses penuaan kulit.

Untuk menjaga kulit tetap kencang dan bebas tanda penuaan lainnya, kamu perlu meningkatkan produksi kolagen. Caranya yaitu dengan mengonsumsi minuman kolagen yang dapat membantu meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, mengurangi keriput dan garis halus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi kolagen dapat meningkatkan kepadatan kolagen di kulit, membuatnya lebih kenyal dan lembut.

Jika kamu ingin mendapatkan minuman kolagen, tak perlu beli produknya. Kamu bisa membuat minuman kolagen rumahan hanya memanfaatkan bahan-bahan di sekitar.

Seperti halnya yang dibagikan oleh beauty vlogger @healhty_tipsandfacts. Beauty vlogger tersebut tampak menggunakan dua jenis rempah yaitu jahe dan kunyit. Kemudian dicampur dengan wortel dan perasan lemon. Semua bahan alami tersebut tentu tak asal digunakan, ada manfaat dibaliknya.

Jahe dikenal karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya. Peradangan kronis dapat merusak kolagen dan mempercepat proses penuaan.

Jahe mengandung senyawa seperti gingerol yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Antioksidan dalam jahe membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, sehingga membantu mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

Kunyit memiliki kurkumin, senyawa aktif yang memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk meningkatkan produksi kolagen. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat, sehingga membantu mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas yang merusak kolagen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan produksi kolagen.

Wortel kaya akan betakaroten dan vitamin A, yang keduanya penting untuk kesehatan kulit dan produksi kolagen. Vitamin A baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin A juga membantu mempercepat proses regenerasi kulit yang mendukung produksi kolagen. Adanya betakaroten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan membantu mempertahankan kolagen.

Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang membantu menghubungkan asam amino untuk membentuk kolagen, sehingga mendukung produksi dan stabilitas kolagen. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C lemon bantu cerahkan kulit.

Manfaat vitamin C pada lemon tidak hanya meningkatkan kolagen saja. Dilansir dari skinkraft.com, Jumat (17/5) vitamin C bantu cerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin (pigmen yang menyebabkan kulit gelap). Selain itu, vitamin C membantu mengurangi bintik hitam, bekas jerawat, dan kondisi hiperpigmentasi, sehingga kulit tampak lebih merata dan cerah.

Setelah mengetahui manfaatnya apakah kamu tertarik untuk membuat minuman kolagen? Berikut ini trik yang bisa kamu ikuti sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @healhty_tipsandfacts, Jumat (17/5).

Bahan:

foto: Instagram/@healhty_tipsandfacts

- 1 buah wortel
- 1 buah lemon
- 3 siung kunyit
- 2 ruas jahe berukuran kecil
- 500 ml air putih

Cara membuat:

foto: Instagram/@healhty_tipsandfacts

1. Bersihkan kunyit, jahe, dan wortel dari kulitnya serta cuci hingga bersih
2. Potong kunyit, jahe, dan wortel dengan ukuran kecil
3. Masukkan ke dalam blender
4. Tambahkan juga potongan lemon

foto: Instagram/@healhty_tipsandfacts

5. Tuangkan air putih ke dalam blender
6. Haluskan semua bahan
7. Tuangkan ke dalam gelas, sembari disaring
8. Minum ramuan tersebut setiap hari untuk mendapatkan kecantikan kulit yang kamu inginkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by HealthyTips (@healthy_tipsandfacts)