Tak perlu beli retinol, ini trik pudarkan kerutan berlebih di wajah pakai 1 jenis sayuran

1 November 2023 22:11 WIB

Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, setiap manusia pada dasarnya akan mengalami proses penuaan. Pada kulit sendiri, proses penuaan akan melibatkan penurunan fungsi, elastisitas serta tekstur dari kulit itu sendiri. Beberapa tanda umum yang menyertai penuaan kulit ini adalah munculnya kerutan pada wajah.

Kerutan adalah sejenis lipatan atau garis-garis halus yang muncul pada permukaan kulit sebagai hasil dari proses penuaan alami. Ada dua jenis kerutan, yakni kerutan dinamis dan kerutan statis. Kerutan dinamis biasanya muncul akibat ekspresi wajah yang dilakukan secara terus menerus, seperti tersenyum dan mengernyitkan dahi. Proses ini lama-kelamaan akan meninggalkan bekas kerutan di kulit, terutama di area dahi dan pipi.

Sementara itu, kerutan statis adalah kerutan yang disebabkan oleh berkurangnya elastisitas dan kolagen dalam kulit seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini dipicu oleh kulit yang sering terkena paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi.

Kedua hal tersebut tidak hanya merusak struktur kolagen dan elastin, namun juga memicu menguapnya kelembapan alami yang dimiliki oleh kulit. Hal ini yang kemudian memicu munculnya keriput dan garis halus pada wajah.

Untuk mengatasi masalah wajah tersebut, kamu nggak perlu bingung kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif membantu memudarkan masalah tersebut. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran kubis ungu dan aloe vera, sebagaimana diperagakan oleh @ravleenbaggaofficial Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (1/11).

foto: freepik.com

Kubis ungu atau kol merah memiliki manfaat dalam merawat kulit. Antosianin yang terdapat dalam kol merah memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas kulit serta melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV matahari. Sementara itu, vitamin C dalam kubis ungu membantu meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Selain itu, vitamin K dalam kol merah juga efektif dalam mengurangi tampilan bintik hitam yang muncul seiring penuaan.

foto: freepik.com

Gel pada daun aloe vera sejatinya mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang efektif melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan polisakarida di dalam aloe vera dapat menstimulasi produksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan.

Sementara itu, senyawa enzim dan asam amino pada tanaman ini berperan penting dalam membentuk protein kolagen dan elastin, serta meningkatkan proses regenerasi sel kulit yang lebih baik. Kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Kubis ungu atau kol merah secukupnya
2. 1 sendok teh gel aloe vera
3. Larutan gliserin (opsional, bila ada)
4. Wadah kecil
5. Tablet sheetmask

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@ravleenbaggaofficial

1. Potong dan lepaskan beberapa lapisan kubis ungu untuk digunakan.
2. Rebuslah kubis ungu tersebut dalam 1-2 gelas air bersih selama 5-6 menit.
3. Setelahnya, saring dan letakkan sedikit air ekstraksi kubis ungu tersebut dalam wadah kecil.
4. Tambahkan 1 sendok teh gel aloe vera setelahnya.

foto: Instagram/@ravleenbaggaofficial

5. Bila ada, tambahkan sedikit gliserin (sekitar 1 sendok teh) bersama bahan-bahan tadi.
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
7. Rendamlah tablet sheetmask dalam larutan tersebut, kemudian dinginkan di kulkas selama 15-20 menit.
8. Pasanglah sheetmask ke wajah yang bersih setelahnya, lalu diamkan selama 20 menit.
9. Bila dirasa cukup, lepaskan sheetmask tadi dan tepuk lembut wajah hingga cairannya menyerap sempurna.

(brl/mal)