Tak perlu beli scrub, ini trik bersihkan daki pada leher hanya pakai 1 bahan fermentasi

28 November 2023 05:00 WIB

Brilio.net - Daki pada leher atau yang juga dikenal sebagai acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang ditandai dengan adanya perubahan warna gelap, seperti bercak atau guratan pada leher. Tak hanya terjadi pada leher, kondisi ini kerap muncul di lipatan kulit ketiak, atau lipatan lainnya. Kondisi ini biasanya tidak menyebabkan rasa gatal atau sakit, namun dapat mengganggu penampilan karena warna kulit menghitam.

Kondisi ini disebabkan oleh resistensi insulin terjadi ketika tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah, dan biasanya berkaitan dengan obesitas, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak sehat. Timbulnya daki di leher juga bisa disebabkan oleh faktor genetik yang membuat seseorang lebih rentan terhadap kondisi ini.

Agar kondisi kulit ini tidak berlangsung lama, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merubah gaya hidup yang lebih sehat. Kamu bisa memulai mengonsumsi makanan yang tinggi serat, rendah gula, dan lemak. Serta bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan berat badan. Cara berikutnya adalah melakukan perawatan secara rutin pada area leher, seperti memakai scrub dengan kandungan asam laktat, dan retinoid yang bisa mencerahkan kulit.

Selain mengandalkan produk kecantikan, kamu juga bisa memakai scrub yang terbuat dari bahan alami. Ada tiga bahan yang kali ini bisa kamu gunakan yakni tepung gram, yoghurt, dan bubuk kopi. Ketiga bahan ini mempunyai kandungan dan manfaatnya masing-masing untuk kulit.

Tepung gram, atau sering disebut sebagai tepung kacang-kacangan, memiliki sifat eksfoliasi dan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan daki pada leher. Selain itu, tepung gram juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Kemudian, yoghurt mengandung asam laktat alami, yang merupakan jenis asam alpha hydroxy (AHA). Asam laktat membantu dalam eksfoliasi ringan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Yoghurt juga dapat melembapkan kulit dan membantu meredakan peradangan, yang bisa bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda daki pada leher.

Adanya bubuk kopi mengandung antioksidan dan sifat antiinflamasi. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Scrub atau masker wajah dari bubuk kopi dapat membantu eksfoliasi, menghilangkan sel-sel kulit mati, serta meningkatkan penampilan kulit dengan cara meningkatkan aliran darah ke area yang digosok scrub.

Itulah manfaat dari ketiga bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan scrub dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba membuat, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

trik bersihkan daki pada leher
YouTube/anamikabarai

1. 1 sendok teh tepung gram
2. 2 sendok teh yoghurt
3. 1/2 sendok teh bubuk kopi
4. Rosewater.

Cara membuat:

trik bersihkan daki pada leher
YouTube/anamikabarai

1. Tambahkan tepung gram pada mangkuk
2. Campurkan yoghurt dan bubuk kopi
3. Tuangkan rosewater pada bahan tersebut
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Scrub siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

trik bersihkan daki pada leher
YouTube/anamikabarai

1. Bersihkan area leher terlebih dahulu
2. Oleskan scrub tersebut secara merata pada leher
3. Diamkan kurang lebih 15 menit
4. Gosok-gosokkan hingga kulit mati terangkat
5. Bilas menggunakan air biasa
6. Dengan memakai trik ini daki pada leher dapat terangkat dan kulit kembali cerah.

(brl/ola)