Tak perlu beli serum vitamin C, ini trik bikin wajah putih dari flek hitam pakai 1 bahan pemanis

21 November 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Seiring beranjak dewasa, umumnya orang-orang juga cenderung lebih sering terlibat pada aktivitas padat yang harus dikerjakan di luar ruangan. Hal ini membuat banyak orang kemudian menjadi lebih sering terpapar pada teriknya sinar matahari dan polusi di sekitar mereka. Akibatnya, perlahan akan muncul bercak gelap bernama flek hitam di kulit yang membuatnya terlihat tidak cerah dan terkesan kotor.

Mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat menyebabkan masalah kulit tersebut? Sejatinya, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat menganggu proses regenerasi sel penyusun kulit serta meningkatkan produksi melanin dengan cepat. Peningkatan produksi melanin ini kemudian dapat timbul ke permukaan kulit dalam warna yang umumnya lebih gelap dari kulit asli, sehingga tampak seperti noda yang menganggu penampilan wajah.

Sementara itu, polusi dan debu yang menempel di wajah juga dapat menyebabkan hal serupa. Tidak hanya membuat kulit terasa kotor, polusi dan debu ini juga dapat merusak sel-sel kulit. Kerusakan ini kemudian akan memicu naiknya tingkat produksi pigmen warna melanin di dalam kulit, sehingga akan memunculkan flek hitam dalam prosesnya.

Eits, walau begitu, kamu nggak usah panik jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran madu, buah bit, dan nasi, sebagaimana diperagakan oleh @iam_grincy di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (21/11).

foto: freepik.com

Madu mengandung banyak komponen antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan ini juga membantu mencerahkan kulit dan memberikan kilau alami. Madu juga memiliki sifat pelembap yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan, yang sering kali menyebabkan kulit terlihat kusam.

foto: freepik.com

Buah bit adalah sayuran dengan senyawa antioksidan kuat seperti betalain dan vitamin C. Kedua senyawa ini dapat membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi terbentuknya hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah bit juga secara aktif bekerja meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat mendukung regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih sehat.

foto: freepik.com

Nasi sebagai sumber karbohidrat memiliki banyak senyawa bermanfaat, seperti vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan. Kombinasi kandungan ini dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit yang dipicu oleh pigmentasi. Selain itu, kandungan asam ferulat dalam air beras berperan sebagai agen pencerah yang efektif mengurangi ancaman kulit menggelap akibat pengaruh flek hitam.

Ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 sendok makan nasi
2. 1 sendok makan air perasan buah bit
3. 1 sendok makan madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@iam_grincy

1. Masukkan 1-2 sendok makan nasi dalam wadah yang telah disiapkan.
2. Potong 1 buah bit, lalu peras hingga mendapatkan ekstraknya.
3. Tuang sekitar 1 sendok makan perasan buah bit tadi bersama nasi.
4. Tambahkan 1 sendok makan madu murni setelahnya.
5. Aduk dan haluskan seluruh bahan hingga tercampur rata.
6. Aplikasikan racikan ini ke wajah secara menyeluruh sembari dipijat perlahan.
7. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas bersih dengan air.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Grincy Gandhi (@iam_grincy)

(brl/jad)