Tak perlu beli skincare mahal, ini trik atasi keriput akibat perubahan cuaca hanya pakai 2 bahan alami

22 Agustus 2023 21:10 WIB

Brilio.net - Kulit keriput dan kering merupakan masalah yang banyak dialami sejumlah orang. Penyebabnya tidak hanya penuaan, tapi juga disebabkan faktor lingkungan, seperti perubahan cuaca yang berpengaruh pada kondisi kulit. Pasalnya, perubahan suhu dan kelembapan udara yang drastis dapat mempengaruhi elastisitas kulit.

Ketika cuaca menjadi lebih dingin atau kering, udara yang ada di sekitar kamu mempunyai tingkat kelembapan lebih rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan hilangnya kelembapan alami secara cepat. Hal tersebut tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan keriput, tapi juga menimbulkan masalah kulit lainnya, seperti garis halus.

Selain itu, perubahan suhu yang mendadak dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi di dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi aliran darah dan nuturi ke lapisan kulit. Akibatnya, elastisitas di dalam kulit mulai berkurang dan keriput pun muncul.

Untuk atasi kulit keriput akibat perubahan cuaca yang bisa kamu lakukan adalah dengan merawat kulit menggunakan skincare. Namun sayangnya, terkadang produk skincare ini dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong. Sebagai solusinya, kamu cukup merawat kulit dengan menggunakan masker.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker tidaklah banyak. Kamu hanya perlu menyiapkan dua bahan alami yaitu oatmeal dan madu. Kedua bahan ini memiliki manfaat dan kandungan masing-masing untuk wajah. Bahan makanan seperti oatmeal ini memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut.

Nah, proses eksfoliasi ini membantu merangsang sel-sel kulit baru dan meratakan warna. Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung sifat antiinflamasi alami yang dapat meredakan peradangan, melembapkan, dan mengurangi tampilan garis halus. Sedangkan bahan tambahan seperti madu bisa menjadi bahan pelembap alami.

Adanya sifat antioksidan di dalam bahan pemanis ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Itulah manfaat dari kedua bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat masker dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak cara membuatnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube/husnatv9957 pada Selasa (22/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/husnatv9957

1. 1 sendok makan oatmeal
2. 1 sachet madu

Cara membuat:

foto: YouTube/husnatv9957

1. Masukkan oatmeal tersebut ke dalam mangkuk
2. Tuangkan satu sachet madu
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/husnatv9957

1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Lalu oleskan masker tersebut ke seluruh wajah
3. Diamkan kurang lebih 15 menit
4. Bilas dengan menggunakan air.

(brl/mal)