Tak perlu face scrub mahal, cewek ini bagikan cara bersihkan pori-pori wajah cuma pakai 1 bahan alami

30 / 05 / 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Pori-pori memiliki peran penting sebagai tempat keluarnya minyak alami kulit yang diproduksi oleh tubuh. Pada sebagian orang, tampilan pori-pori di wajah tampak lebih besar daripada orang lain. Pori-pori yang besar dan terbuka ini biasanya sering mengalami penyumbatan dan menghasilkan beberapa masalah kulit yang mengganggu penampilan.

Beberapa masalah kulit yang dimaksud adalah komedo, beruntusan, kulit kusam, hingga jerawat yang meradang. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, di antaranya adalah kelebihan minyak akibat perubahan hormonal, penumpukan sel kulit mati, serta kotoran seperti debu dan sisa makeup yang menempel di bawah permukaan kulit.

Pori-pori wajah yang tersumbat akibat kotoran ditandai dengan munculnya bintik kehitaman atau bintik putih pada wajah yang disebut dengan komedo, sehingga wajah tampak kusam dan memiliki warna yang tidak merata.

Tak hanya menimbulkan jerawat serta komedo, pori-pori yang tersumbat kotoran juga akan membuat wajah jadi kurang mulus dan bertekstur kasar. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mencegah kondisi ini. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk penghilang komedo atau dikenal dengan pore pack, memakai face scrub, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Face scrub menjadi salah satu skincare andalan bagi kebanyakan orang untuk mengatasi masalah pori-pori yang tersumbat. Produk ini memang efektif untuk membersihkan pori-pori dari berbagai kotoran yang menyumbat. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang justru mengalami iritasi kulit akibat tekstur scrub yang terlalu kasar.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih ekonomis dan cocok untuk pemilik kulit sensitif. Seperti yang dibagikan oleh seorang cewek melalui akun TikTok pribadinya @krystallee2222, yang justru memakai 1 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah susu.

foto: TikTok/@krystallee2222

Kandungan susu untuk membersihkan pori-pori wajah.

Susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan vitamin D dalam susu, bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati serta melembutkan kulit.

Seperti yang dilansir dari Healthline, susu memiliki kandungan asam laktat yang dapat mencerahkan kulit dan membuatnya bebas dari berbagai masalah. Nah, manfaat selanjutnya adalah dapat membersihkan dan membuat pori-pori tampak lebih mengecilkan. Ini berkat kandungan asam laktat di dalamnya yang bersifat eksfoliator.

Manfaat susu untuk mencegah komedo dan jerawat.

Berkat kandungan nutrisinya seperti asam laktat, antibakteri, serta vitamin di dalamnya, susu bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Bahan alami ini juga efektif untuk mencegah pembentukan komedo di pori-pori wajah karena dapat membantu membersihkannya secara mendalam. Tak heran jika menggunakan susu sebagai masker wajah dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Hanya dengan susu saja kamu bisa membuat masker wajah yang efektif untuk membersihkan pori-pori wajah tanpa membuatnya iritasi. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @krystallee2222, Kamis (30/5).

foto: TikTok/@krystallee2222

Bahan:

- Susu secukupnya
- Kapas kecantikan

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan susu pada wadah
2. Celupkan kapas kecantikan pada susu hingga susu menyerap pada kapas
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Keringkan wajah, lalu tempelkan kapas yang sudah basah oleh susu pada area wajah
5. Diamkan selama 10 menit
6. Setelah itu, gosokkan kapas ke seluruh bagian wajah dengan lembut
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari atau 2 hari sekali sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas komedo dan jerawat.

foto: TikTok/@krystallee2222