Tak perlu facial dark spot, wanita ini bagikan cara hilangkan flek hitam di wajah pakai 3 bahan dapur

22 / 05 / 2024 06:00 WIB

Brilio.net - Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit wajah yang mengganggu penampilan. Pasalnya, masalah kulit ini dapat membuat wajah jadi terlihat kurang mulus, kusam, dan memiliki warna tidak merata. Akibatnya, penampilan menjadi kurang maksimal dan rasa percaya diri si penderitanya juga akan menurun.

Bagian tubuh yang rentan mengalami flek hitam adalah wajah, karena memiliki kulit yang tipis dan lebih sering terpapar radikal bebas. Kondisi ini ditandai dengan bintik-bintik hitam atau kecokelatan di beberapa bagian wajah. Masalah kulit wajah ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, proses penuaan, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, genetik, dan polusi.

Semakin sering wajah terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya, maka risiko munculnya flek hitam juga semakin besar. Jika tidak menggunakan tabir surya, maka kulit secara alami akan membentuk perlindungan dari efek buruk sinar matahari, sehingga memproduksi melanin berlebihan.

Melanin tersebutlah yang menjadi pemicu munculnya bercak kehitaman atau flek hitam di permukaan kulit atau hiperpigmentasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam, mulai dari perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus dark spot atau flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu perawatan kecantikan yang kerap dilakukan untuk menghilangkan flek hitam adalah facial dark spot. Treatment ini dilakukan untuk membantu memudarkan flek hitam secara bertahap. Namun untuk melakukan perawatan wajah ini perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Nah, solusi lainnya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih ekonomis dan tak kalah efektif dari treatment di klinik kecantikan. Salah satu pengguna akun TikTok @desakgek, membagikan cara menghilangkan flek hitam dengan memakai tiga bahan dapur, yakni bubuk kunyit, madu, dan lemon.

Kandungan kunyit untuk menghilangkan flek hitam di wajah

foto: TikTok/@desakgek

Kunyit mengandung antioksidan yang disebut dengan kurkumin, sehingga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi juga merawat kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaat kunyit di antaranya yaitu dapat mencerahkan dan memudarkan tampilan flek hitam di permukaan wajah.

Dilansir dari Healthline, kandungan bioaktif kurkumin yang terkandung di dalam kunyit memiliki beragam manfaat untuk wajah. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya flek hitam, serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Manfaat madu untuk memudarkan flek hitam

Madu memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga dapat berperan sebagai eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat mengurangi tampilan flek hitam di wajah. Dilansir dari Healthline, madu murni memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, terutama jika kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan jerawat, flek hitam, serta kulit kering.

Lemon mampu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah memudarkan flek hitam di wajah dengan cara mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi, bekas jerawat, dan bintik-bintik pada wajah akibat penuaan kulit.

Hanya dengan tiga bahan dapur tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut cara membuat dan menggunakannya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @desakgek, Selasa (21/5).

Bahan:

foto: TikTok/@desakgek

- 1 sendok makan bubuk kunyit
- 1 sendok makan madu
- 1 sdndok makan perasan lemon

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20 menit
6. Bilas menggunakan air hangat
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.