Tak perlu facial di klinik, ini cara mengencangkan kulit kendur penuh keriput pakai 1 jenis tepung

10 / 11 / 2023 15:45 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia perubahan pada kulit mulai terlihat, pasalnya kondisi fungsi organ tubuh tersebut akan menurun secara bertahap, termasuk perubahan pada struktur kulit. Periode inilah yang kemudian disebut fase penuaan.

Perubahan kulit seiring bertambahnya usia adalah proses alami yang terjadi karena faktor-faktor seperti penurunan produksi kolagen, elastisitas, dan minyak alami, serta paparan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup.

Proses penuaan kulit diwarnai dengan kemunculan kerutan. Ini terjadi karena kulit secara perlahan kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban melalui produksi kolagen dan elastin dalam kulit. Menurunnya jumlah kedua komponen ini membuat kulit kesulitan untuk mempertahankan kekencangannya, sehingga kulit pun akan mengendur. Dalam prosesnya, kondisi ini akan berdampak menimbulkan keriput dan garis-garis halus pada kulit.

Kamu bisa mengatasi permasalahan kulit kendur dan keriput dengan mengandalkan bahan alami. Salah satunya dengan memanfaatkan campuran tepung beras, aloe vera, dan air mawar sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @beautywithjassi di Instagram pada Jumat (10/11).

cara mengencangkan kulit
freepik.com

Tepung beras pada dasarnya kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin B dan mineral. Selain dapat mengencangkan kulit karena sifat astringen yang dimilikinya, tepung beras juga dapat membantu regenerasi kulit, melalui stimulasi kolagen sehingga mengurangi penampakan kerutan di wajah. Kandungan mineral dan asam amino dalam beras juga membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memperkuat skin barrier, sehingga wajah tidak cepat mengalami penuaan.

cara mengencangkan kulit
freepik.com

Aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Gel dari daun aloe vera mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Di sisi lain, kandungan asam amino dan vitamin dalam aloe vera membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

cara mengencangkan kulit
freepik.com

Selain baunya yang harum, air bunga mawar rupanya mengandung banyak komponen berupa vitamin A, C, E, serta asam lemak esensial. Khasiat antioksidan dari vitamin E dalam bunga mawar ini dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dan vitamin A, dapat membantu menstimulasi regenerasi sel kulit. Kombinasi dari seluruh vitamin ini membuat air mawar dapat memberi kelembapan dan menghaluskan kulit secara baik.

Kamu bisa menggunakan ketiga bahan di atas dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan tepung beras
2. Gel aloe vera secukupnya
3. 1-2 sendok makan air mawar
4. Minyak esensial tea tree (opsional, bila ada)
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

cara mengencangkan kulit
Instagram/@beautywithjassi

1. Masukkan 1 sendok makan tepung beras dalam wadah kecil
2. Tambahkan sedikit gel aloe vera
3. Tuangkan 1-2 sendok makan air mawar
4. Bila ada, berikan beberapa tetes minyak esensial tea tree (opsional)
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
6. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih sembari dipijat lembut beberapa saat
7. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by jassi (@beautywithjassi)