Tak perlu facial mahal, ini trik hilangkan komedo di wajah pakai 1 jenis penjepit rambut

11 / 06 / 2024 05:25 WIB

Brilio.net - Komedo di wajah muncul ketika penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori. Selain sel kulit mati, kotoran lain seperti debu, polusi, dan sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal juga menjadi penyebab munculnya komedo.

Biasanya, komedo akan muncul di area wajah yang berminyak, seperti hidung, pipi, dahi, dan dagu. Bukan tanpa alasan, area wajah tersebut memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan area lain. Karena itulah, wajah jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna yang tidak merata.

Adanya komedo di wajah memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Bahkan jika terus dibiarkan, maka komedo juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Pasalnya, komedo atau kotoran yang terjebak di pori-pori kulit akan bercampur dengan bakteri dan menyebabkan peradangan jerawat.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang yang melakukan facial di klinik kecantikan. Facial memang menjadi cara efektif untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Meski begitu, ternyata kamu bisa melakukan facial sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang kamu miliki lho. Tentunya dengan hasil yang tak kalah efektif dan lebih ekonomis.

foto: TikTok/@bbbeauty46

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @bbbeauty46. Dalam videonya ia memakai 1 jenis penjepit rambut untuk menghilangkan komedo. Penjepit rambut yang dimaksud adalah jepit lidi atau hair grip.

Berikut cara menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bbbeauty46, Senin (10/6).

Bahan:

- Petroleum jelly
- Plastik wrap
- Jepit lidi atau hair grip
- Handuk yang sudah dibasahi menggunakan air hangat

foto: TikTok/@bbbeauty46

Cara menggunakan:

1. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.
2. Keringkan wajah menggunakan handuk.
3. Aplikasikan petroleum jelly pada area hidung dan dagu yang terdapat banyak komedo.
4. Tempelkan plastik wrap pada hidung dan dagu.
5. Tap-tap plastik wrap menggunakan handuk hangat selama 5 menit.
6. Lepaskan plastik wrap lalu gunakan pangkal jepit lidi untuk menggosok area hidung dan dagu dengan lembut.
7. Pastikan jangan terlalu ditekan ya.
8. Setelah semua komedo terangkat, bilas wajah menggunakan air sampai bersih.
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas komedo.

foto: TikTok/@bbbeauty46

Manfaat petroleum jelly untuk mengatasi komedo.

Emolien atau pelembap seperti petroleum jelly berfungsi untuk membentuk lapisan minyak di bagian atas kulit, guna menahan air di dalam kulit tidak menguap. Hanya terdiri dari bahan baku tunggal, petroleum jelly pun terasa sangat lembut di kulit. Nah, berkat manfaatnya tersebut, kamu bisa memanfaatkan petroleum jelly untuk menghilangkan komedo tanpa membuat wajah mengalami iritasi.

Plastik wrap dan handuk hangat bisa membantu membuka pori-pori.

Penggunaan plastik wrap dan handuk hangat dapat membantu membuka pori-pori wajah. Nah, pori-pori yang terbuka ini akan mempermudah pembersihan komedo secara optimal. Tak hanya itu, komedo yang membandel sekalipun bisa terangkat dengan metode ini.

Jepit lidi atau hair grip berfungsi angkat komedo.

Bagian pangkal jepit lidi yang berbentuk lubang melengkung dapat mengangkat komedo hanya dengan menekannya pada permukaan kulit. Cara ini sangat efektif untuk mengangkat komedo yang membandel sekalipun. Meski begitu, kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakannya agar tidak menyebabkan iritasi atau luka di wajah.