Tak perlu facial whitening, ini cara hilangkan sel kulit mati pada wajah pakai 2 bahan pemanis

28 Juli 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Umumnya, kulit akan melakukan regenerasi sel setiap 28-45 hari. Pada proses ini, sel-sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel-sel kulit baru. Akan tetapi, sel-sel kulit mati terkadang dapat menumpuk di lapisan terluar kulit. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit akan membuat wajah tampak kusam.

Maka dari itu, sel-sel kulit mati di wajah perlu dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan masalah. Biasanya, sel kulit mati akan terlepas sendiri melalui aktivitas kamu sehari-hari, seperti saat memakai atau melepas pakaian, hingga mengelap wajah menggunakan handuk. Makanya pengelupasan kulit mati ini sering kali tidak disadari. Sayangnya, tidak semua sel kulit mati mengelupas dengan mudah dari kulit.

Inilah sebabnya mengapa eksfoliasi rutin sangat penting dilakukan, agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menjaga agar kulitmu tetap cerah dan segar. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu bisa dapatkan kulit yang terlihat lebih cerah, terhindar dari komedo dan jerawat, hingga kulit yang lebih kencang dan sehat.

Mungkin kamu bisa melakukan facial whitening di klinik kecantikan, namun ada cara yang tak kalah efektif untuk mengangkat sel kulit mati tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Kamu hanya membutuhkan bahan-bahan alami, seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @user5418004330420 pada 16 Februari 2023.

Dalam video dengan durasi 34 detik tersebut, pemilik akun membagikan tentang cara hilangkan sel kulit mati pada wajah pakai 2 bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah gula merah dan madu. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk matcha.

foto: freepik.com

"Try this diy 3 ingredients face scrub to get glowing skin instantly with sugar honey and green tea powder (Cobalah scrub wajah DIY 3 bahan ini untuk mendapatkan kulit bercahaya secara instan dengan madu gula dan bubuk teh hijau)," ungkapnya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @user5418004330420, Kamis (28/7).

Gula merah selama ini biasanya digunakan sebagai bahan pemanis pada minuman atau masakan. Namun ternyata, gula merah juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan lho. Banyak yang memanfaatkan gula merah sebagai scrub. Gula merah kerap dijadikan scrub untuk membantu proses pengelupasan kulit sehingga membuat kulit glowing.

Proses pengelupasan kulit menggunakan gula merah bisa membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Gula merah sebagai scrub bisa menutrisi kulit juga karena mengandung AHA di dalamnya. Manfaat gula merah bisa menutrisi sehingga dapat membuat kulit jadi glowing. Hal ini bisa memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Begitupun dengan madu yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan sel kulit mati. Madu dapat bertindak sebagai eksfoliator yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak menyumbat pori dan membuat wajah tampak kusam. Tekstur madu yang lembut membantu membersihkan wajah dengan lebih nyaman dan tidak terasa kasar.

Sementara bubuk matcha yang dikenal sarat kandungan klorofil yang menyimpan banyak manfaat baik bagi kulit. Bahkan, sudah banyak brand kecantikan yang menggunakan bahan dasar matcha untuk produk skincare mereka, salah satunya masker wajah.

Matcha memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau biasa. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga mampu membuat kulit terlihat jauh lebih glowing. Bahkan kandungan vitaminnya juga mampu mencerahkan kulit wajah jika digunakan secara rutin.

foto: TikTok/@user5418004330420

Dengan bahan-bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang dapat membantu mencerahkan wajah. Masker ini akan bekerja dengan mengelupas sel kulit mati penyebab kulit kusam. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok makan gula merah
2. 1 sendok makan madu
3. 1 sendok makan bubuk matcha
4. 1 sendok makan air

foto: TikTok/@user5418004330420

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk hingga tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Scrub wajah dengan gerakan memutar dan lembut
5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing alami.

(brl/wen)