Tak perlu kunyit dan air mawar, ini cara pudarkan flek penuaan di wajah pakai 1 jenis tanaman penyedap

29 Oktober 2023 14:00 WIB

Brilio.net - Seseorang yang sudah memasuki usia lanjut, biasanya akan mengalami berbagai permasalahan kulit, khususnya pada kulit wajah. Selain kulit kendur dan penuh keriput, munculnya flek hitam juga cukup meresahkan dan menurunkan kepercayaan diri bagi yang mengalaminya.

Kondisi ini dapat terjadi lebih cepat ketika wajah tak terlindungi oleh skincare dan perawatan yang tepat. Pasalnya wajah rentan terpapar sinar matahari, polusi, dan kotoran yang tak dibersihkan secara optimal. Beberapa faktor tersebut bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan, khususnya flek hitam.

Sinar UV dari matahari dapat merusak sel tempat produksinya melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna kulit. Akibatnya, produksi melanin menjadi berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi. Saat kulit menua, produksi kolagen dan regenerasi kulit juga akan menurun, sehingga kulit tak mampu menyembuhkan dirinya.

Jika kamu juga mengalami masalah ini, kamu bisa kok mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu kunyit dan air mawar, karena pemilik akun TikTok @skincarean.yuks_ pada 2 Agustus 2023, justru hanya menggunakan 1 jenis tanaman penyedap, yakni serai.

"Hilangkan flek hitam dan kecilkan pori pori wajah," tulisnya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @skincarean.yuks_, Sabtu (28/10).

Pudarkan flek penuaan pakai 1 jenis tanaman penyedap
freepik.com

Serai merupakan tanaman penyedap yang kerap kali ditambahkan dalam masakan. Namun tanaman ini juga mengandung nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai kandungan didalamnya diklaim ampuh mengoptimalkan sistem imun tubuh. Selain itu, serai ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah mengatasi flek hitam di wajah akibat penuaan.

Sifat antiseptik dan antiinflamasi didalamnya bisa membantu mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi. Bahan alami ini juga dapat membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri. Hal ini lah yang mampu membersihkan kulit dari jerawat dan bintik atau flek hitam, sekaligus memudarkan bekas jerawat.

Pudarkan flek penuaan pakai 1 jenis tanaman penyedap
TikTok/@skincarean.yuks_

Hanya dengan serai, kamu bisa membuat masker wajah yang ampuh memudarkan flek hitam akibat penuaan di wajah. Penggunaan yang rutin juga akan membuat wajahmu lebih kencang dan tampilan pori mengecil. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 batang serai
2. 1 gelas air

Pudarkan flek penuaan pakai 1 jenis tanaman penyedap
TikTok/@skincarean.yuks_

Cara membuat:

1. Cuci serai sampai benar-benar bersih dari kotoran
2. Geprek serai dan gulung agar lebih mudah diolah
3. Tuangkan air pada panci dan masukkan serai yang sudah digeprek
4. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan air menyusut jadi 1/2 gelas
5. Matikan kompor kemudian tuangkan pada wadah
6. Tunggu sampai dingin
7. Ambil kapas lalu celupkan pada air rebusan serai dan aplikasikan pada wajah (pastikan wajah dalam kondisi bersih, ya)
8. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

(brl/ola)