Tak perlu kunyit, trik bikin wajah cerah dan glowing ala wanita ini cuma pakai 2 bahan dapur

5 Februari 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Wajah yang cerah dan glowing masih menjadi impian bagi kebanyakan orang, terutama kaum hawa. Bukan tanpa alasan, karena wajah yang cerah dan glowing dapat mendukung penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun sayangnya, untuk mendapatkan wajah impian tersebut bukanlah hal yang mudah. Perlu melakukan perawatan yang tepat dan konsisten.

Pasalnya, ada berbagai faktor yang justru membuat wajah jadi mudah kusam, gelap, dan kehilangan cahaya alaminya. Beberapa faktor yang dimaksud adalah paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, perubahan cuaca, sel kulit mati yang menumpuk, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai faktor tersebut akan memicu pembentukan melanin pada kulit.

Melanin yang berlebih ini akan memunculkan bintik-bintik atau noda kehitaman di permukaan kulit. Noda kehitaman ini lah yang akan membuat kulit jadi tampak kusam dan memiliki warna tidak merata. Untuk mengatasinya, banyak orang yang memanfaatkan kunyit sebagai masker wajah untuk mengatasi permasalahan kulit ini. Penggunaan kunyit memang cukup sering dilakukan untuk membantu mencerahkan wajah. Namun sayangnya, kunyit akan menghilangan bekas kuning jika tak dibersihkan secara optimal.



Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lain seperti yang dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @nanadbebe pada 4 Desember 2023. Dalam video yang berdurasi 54 detik tersebut pemilik akun membagikan tentang trik bikin wajah cerah dan glowing cuma pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah tomat dan gula pasir.

"Tonyoh Tomato Gula Auto Kulit Muka Jadi Makin Cerah!," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nanadbebe, Minggu (4/2).

foto: freepik.com

Tomat adalah salah satu buah yang punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tak terkecuali untuk wajah. Ini berkat kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidan di dalamnya. Melansir dari jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat dipercaya dapat mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan.

Berbagai kandungan tersebut dipercaya mampu merangsang produksi kolagen, mengurangi garis halus, hingga mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat juga bisa membantu mencerahkan wajah dan membuatnya glowing alami. Begitupun dengan gula pasir yang juga bisa kamu jadikan bahan untuk mencerahkan wajah kusam.

Salah satu penggunaan gula untuk perawatan wajah adalah sebagai scrub untuk eksfoliasi. Scrub dengan bahan dasar gula memiliki tekstur sedang yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga gula dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

foto: TikTok/@nanadbebe

Dua bahan alami tersebut bisa kamu jadikan sebagai scrub wajah yang mampu mencerahkan dan bikin glowing secara alami. Bahkan dark circle, noda bekas jerawat, dan flek hitam juga bisa memudar dengan pemakaian yang rutin. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 Buah tomat
2. Gula pasir secukupnya

foto: TikTok/@nanadbebe

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Potong-potong menjadi 2 atau 4 bagian
3. Tuangkan gula pada wadah
4. Tempelkan tomat pada gula pasir sampai gula menempel di permukaan tomat
5. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran dan sisa makeup
6. Aplikasikan scrub tomat pada wajah
7. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar selama 2-3 menit
8. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing alami.

(brl/far)