Tak perlu lemon, cara atasi pori-pori wajah besar dan tersumbat ini cuma pakai 2 bahan alami

22 / 05 / 2024 12:45 WIB

Brilio.net - Pori-pori wajah menjadi komponen penting sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami untuk menjaga kelembapan kulit. Karena fungsinya tersebut, pori-pori kerap kali mengalami dan menjadi pemicu beberapa masalah kulit wajah. Seperti pori-pori yang tampak besar dan tersumbat.

Pori-pori yang besar akan lebih sering mengalami penyumbatan. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Kondisi ini umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pasalnya kulit berminyak akan memiliki ukuran pori-pori lebih besar dan kelenjar sebum berlebih. Hal inilah yang akan membuat kotoran seperti debu, sel kulit mati, polusi, serta sisa makeup mudah menempel.

Apabila tak segera dibersihkan, maka kotoran tersebut akan terjebak di pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya komedo. Apalagi jika kamu jarang membersihkan wajah atau tidak mencucinya dengan baik, membuat kotoran yang menempel di permukaan kulit tersebut bercampur dengan bakteri. Nah, bakteri itulah yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

Pori-pori wajah yang tersumbat ditandai dengan munculnya bintik hitam atau bintik putih pada beberapa area wajah, sehingga wajah tampak kusam, kasar, dan memiliki warna tidak merata. Namun tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang kerap kali dimanfaatkan untuk mengatasi pori-pori besar dan tersumbat adalah lemon. Pasalnya, buah asam ini mengandung vitamin C dan sifat astringen yang efektif untuk membersihkan kotoran penyebab pori-pori tersumbat. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan bahan alami ini. Apalagi pemilik kulit sensitif yang rentan iritasi.

Meski begitu, ada bahan alami lain yang tak kalah efektif lho. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @xx24iv, yang memakai bubuk matcha dan madu untuk mengatasi pori-pori besar dan tersumbat.

Pori-pori wajah besar dan tersumbat madu matcha
TikTok/@xx24iv

Kandungan bubuk matcha untuk membersihkan pori-pori.

Bubuk matcha memiliki kandungan aktif polifenol yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Polifenol bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kulit dari ancaman radikal bebas. Kandungan tersebut juga dapat menurunkan produksi minyak di wajah, memperkecil pori-pori, mengangkat kotoran penyebab pori-pori tersumbat, dan mengurangi sebum yang menjadi cikal-bakal munculnya jerawat.

Manfaat madu untuk mengecilkan pori-pori besar.

Madu bisa dijadikan sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Pemanis alami ini akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Madu juga bisa mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Hanya dengan dua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat ice cube yang efektif untuk mengatasi pori-pori tersumbat dan membuat ukurannya lebih mengecil. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @xx24iv, Rabu (22/5).

Pori-pori wajah besar dan tersumbat madu matcha
TikTok/@xx24iv

Bahan:

- 2 sendok teh bubuk matcha
- 1 sendok teh madu
- 1 cup air hangat
- Hydrating serum secukupnya (opsional)

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bubuk matcha dan madu pada wadah
2. Aduk keduanya sampai merata dan tambahkan air hangat
3. Aduk-aduk kembali hingga larut lalu tambahkan hydrating serum
4. Tuangkan pada cetakan es kemudian masukkan kedalam kulkas sampai menjadi es
5. Gunakan pada wajah dengan menggosokkannya memutar selama 5-10 menit
6. Lakukan secara rutin setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pori-pori wajah besar dan tersumbat madu matcha
TikTok/@xx24iv