Tak perlu madu dan aloe vera, ini trik mengatasi kulit wajah kering dan kusam pakai 1 jenis tepung

29 Agustus 2023 05:25 WIB

Brilio.net - Punya jenis kulit yang kering dan kusam bisa membuat siapa pun merasa nggak nyaman dan kurang percaya diri. Maka dari itu, penting banget untuk selalu merawat kulit wajah supaya tetap sehat dan terawat. 

Kulit wajah kering dan kusam adalah masalah umum yang banyak dihadapi oleh banyak orang, terutama pada musim dingin atau cuaca yang kering. Kondisi ini dapat membuat wajah terasa tidak nyaman dan tampak kurang bercahaya.

Kulit kering dan kusam disebabkan oleh dehidrasi, penuaan, dan penumpukan sel kulit mati. Faktor dari luar seperti paparan sinar matahari dan asap rokok juga menjadi penyebab kulit kering dan kusam. Sebenarnya kulit kering dan kusam juga  disebabkan karena kulit tidak bisa menjaga kelembapan dan menurunnya tingkat sebum.

Bahkan, kulit kering dan kusam terkadang juga bisa dapat disertai dengan gejala lain, seperti kulit sensitif, jerawat, dan iritasi atau gatal-gatal. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Selain itu kulit kering membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembapan yang lebih sering ketimbang kulit normal ataupun berminyak.

Nah, salah satu solusi yang bisa kamu dilakukan adalah dengan menghidrasi kulit menggunakan bahan-bahan alami. Seperti video dari akun TikTok @skinbrushblush_official pada 26 Maret 2023. Dalam video tersebut, pemilik akun memberikan trik mengatasi kulit wajah kering dan kusam pakai 1 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan air mawar.

"Hydrate your dry skin with this super hydrating mask made with 3 Ingredients (Hidrasi kulit kering kamu dengan masker super menghidrasi yang dibuat dengan 3 Bahan)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @skinbrushblush_official, Selasa (29/8).

foto: freepik.com

Sebagai salah satu bahan makanan, tepung beras juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini berkat kandungan asam ferulat didalamnya. Kandungan asam ferulat dan asam para-aminobenzoin pada tepung beras dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Selain itu, tepung beras mampu mengangkat sel kulit mati yang dapat memperparah kondisi kulit kering. Tepung beras juga dapat mengecilkan pori dan mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Sedangkan, yoghurt juga dimanfaatkan sebagai bahan utama produk perawatan alami berbentuk masker atau scrub. Seperti bahan bakunya, yoghurt kaya akan kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt yakni vitamin D.

Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu kamu melembapkan kembali kulit kering dan kusam. Hasilnya yaitu kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan kulit. Kandungan vitamin B2 atau riboflavin di dalamnya juga dapat menjaga hidrasi kulit.

Bingung memilih merek yogurt yang bisa digunakan untuk masker ini? Kamu bisa menggunakan Cimory Yogurt Drink Plain lho. Cek di bawah ini untuk membeli produk Cimory Yogurt Drink Plain dengan harga ramah kantong.

(brl/pep)