Tak perlu madu, ini trik bikin wajah glowing dari jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis rempah

13 November 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering menjadi biang menurunnya kepercayaan banyak orang. Muncul dalam rupa pembengkakan kecil di kulit, jerawat biasanya diisi oleh darah dan nanah, karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran seperti sisa sebum dan partikel polusi. Penyumbatan di area tertutup ini memungkinkan bakteri jahat di kulit berkembang dengan cepat, memicu peradangan dan jerawat pada kulit.

Nah, jerawat ini sendiri seringkali memicu masalah lain, yaitu bekasnya. Bekas jerawat sendiri bisa terbagi menjadi 2, yaitu berupa PIH atau PIE. PIH (Post inflammatory Hyperpigmentation) adalah noda kecokelatan yang muncul sebagai respons terhadap kerusakan kulit dimana sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kulit membawa melanin berlebih.

Sementara PIE (Post Inflammatory Erythema) adalah bekas kemerahan yang muncul akibat kerusakan pembuluh darah saat jerawat meradang, sehingga menimbulkan bercak kemerahan tanda iritasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengandalkan bahan alami sebagai solusi.

Seperti ditunjukkan akun Instagram @hiraaa_usman7_ yang memanfaatkan campuran kunyit, yogurt, dan madu. Kunyit adalah bumbu dapur yang memiliki senyawa aktif bernama kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga bisa membantu meredakan jerawat serta mempromosikan proses penyembuhan kulit yang rusak.

foto: freepik.com

Selain itu, kunyit juga dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi secara keseluruhan, sehingga mengurangi potensi munculnya bekas jerawat. Yogurt mengandung asam laktat yang membantu meregenerasi kulit dan mengurangi produksi sebum kulit secara bertahap, sehingga bisa mereduksi munculnya jerawat serta bekasnya di wajah.

foto: freepik.com

Selain itu, yogurt juga mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri pada kulit, sehingga skin barrier kulit pun menjadi kuat dan tidak rentan lagi terkena jerawat. Tepung gram pada dasarnya memiliki sifat eksfoliasi alami dan astringen.

foto: freepik.com

Kedua sifat ini membuat tepung gram dapat membantu mengangkat kotoran yang tersumbat di kulit secara alami sehingga kulit pun menjadi bersih. Hal ini berarti tepung gram efektif mengurangi potensi munculnya jerawat sekaligus bisa mencerahkan kulit secara perlahan.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan sebagai masker wajah. Berikut cara meraciknya, dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@hiraaa_usman7_ pada Senin (13/11).

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh tepung gram
2. 1 sendok teh yogurt
3. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@hiraaa_usman7_

1. Masukkan 1 sendok teh tepung gram dalam wadah kecil
2. Tambahkan 1 sendok teh yogurt setelahnya.
3. Campurkan pula 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam wadah tersebut
4. Aduk rata semua bahan di atas
5. Aplikasikan ke wajah yang bersih dan diamkan selama 20 menit
6. Bila dirasa cukup, bilas wajah hingga bebas dari residu yang tersisa
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hira Usman (@hiraaa_usman7_)

(brl/mal)