Tak perlu oleskan es batu, ini cara kecilkan pori-pori wajah hanya pakai 1 jenis protein

23 Oktober 2023 07:00 WIB

Brilio.net - Kulit terdiri dari berbagai bagian yang memiliki manfaat dan tugasnya masing-masing. Salah satu bagian dari kulit yang tak boleh kamu lupakan adalah pori-pori - berfungsi sebagai saluran untuk kelenjar minyak atau sebaceous gland dan folikel rambut. Namun ketika pori-pori wajah terlalu besar, kondisi ini bisa mengganggu penampilan. Tak hanya itu, pori-pori membesar juga memberikan dampak buruk untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Pori-pori besar dapat membuat tampilan kulit menjadi kurang mulus, karena permukaan kulit yang tidak merata. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat pori-pori mudah tersumbat kotoran dan memicu produksi minyak berlebih. Pada akhirnya bisa menimbulkan masalah lain, seperti jerawat dan komedo.

Melihat dampaknya yang begitu meresahkan, membuat sejumlah orang mencari cara untuk mengecilkan pori-pori. Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai, paling sering adalah membersihkan wajah secara rutin. Bahkan ada yang mengimbanginya dengan mengoleskan es batu pada permukaan kulit.

Kini ada cara lain yang bisa kamu gunakan dengan yaitu merawat kulit menggunakan masker. Perawatan ini berasal dari bahan-bahan alami, seperti halnya memakai putih telur sebagai bahan utamanya.

Putih telur mengandung protein albumin yang memiliki efek pengencangan pada kulit. Ini dapat membantu pori-pori terlihat lebih kecil dan kulit terasa lebih kencang. Sifat mengontrol minyak juga bisa mengatasi produksi berlebih sehingga tidak membuat pori-pori tersumbat. Kandungan asam amino dalam putih telur juga berfungsi sebagai eksfoliator alami. Kandungan tersebut bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah tampak segar.

Sementara itu, madu sebagai bahan pendukung menjadi pelembap alami. Sifat antibakteri di dalam madu ini bisa meredakan peradangan dan pembengkakan.

Bagi kamu yang sudah tahu manfaat dari kedua bahan di atas, apakah tertarik untuk membuat masker tersebut? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini.

Bahan-bahan:

Cara kecilkan pori-pori di wajah
YouTube/Meh glow

1. 1 butir putih telur
2. 1 sendok makan madu murni.

Cara membuat:

Cara kecilkan pori-pori di wajah
YouTube/Meh glow

1. Tuangkan putih telur pada wadah bersih
2. Campurkan dengan madu murni
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

Cara kecilkan pori-pori di wajah
YouTube/Meh glow

1. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan
2. Biarkan kurang lebih 20 hingga 30 menit
3. Bersihkan masker menggunakan air biasa
4. Gunakan secara rutin agar pori-pori wajah mengecil.

(brl/ola)