Tak perlu pakai kunyit, ini cara mencegah jerawat semakin parah dengan masker dari 1 jenis bahan kue

25 Agustus 2023 19:00 WIB

Brilio.net - Jerawat memang dapat muncul pada siapa pun dengan berbagai rentang usia. Meskipun jerawat umumnya lebih sering dialami oleh para remaja. Masalah kulit ini memang cukup mengganggu. Terlebih, jika jerawat tersebut muncul berulang-ulang selama bertahun-tahun.

Bahkan, American Academy of Dermatology melaporkan sekitar 86 persen orang yang berusia antara 12 sampai 24 tahun mengalami masalah jerawat yang parah. Jerawat parah biasanya ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, rasa gatal, perih, dan sakit yang tak tertahankan. Jerawat jenis ini bisa membuat penderitanya frustasi bahkan kehilangan percaya diri.

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Sebum sebagai minyak yang membantu menjaga kulit agar tidak kering dan sel kulit mati, ternyata bisa menyumbat pori-pori.

Hal tersebut menyebabkan peradangan yang ditandai munculnya benjolan kecil di atas kulit yang terkadang berisi nanah. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat.

Jika kamu mendapati wajah ditumbuhi beberapa jerawat, jangan langsung panik dan cemas. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar jerawat di wajah tidak semakin parah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu pakai kunyit yang justru akan meinggalkan bekas kuning pada wajah jika tak bersih dalam membilasnya.

Nah, solusinya kamu bisa menggunakan bahan alami lain seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @brittany.xavier. Video tersebut berisi cara mencegah jerawat semakin parah dengan masker dari 1 jenis bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak almond atau almond oil.

"DIY acne treatment for clear skin (DIY Perawatan jerawat untuk kulit bersih)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @brittany.xavier, Jumat (25/8).

foto: freepik.com

Tak hanya sebagai bahan membuat kue, baking soda juga memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat. Manfaat baking soda untuk jerawat dipercaya berasal dari kandungan antiradang dan antiseptik di dalamnya. Baking soda atau natrium bikarbonat adalah zat alkali yang dapat membantu mengatur kadar pH.

Biasanya, baking soda juga digunakan untuk menetralkan zat asam di dalam dan luar tubuh. Bila digunakan pada area kulit, manfaat baking soda untuk wajah berjerawat dipercaya bisa berfungsi sebagai antiperadangan dan antiseptik.

Kandungan vitamin E dan vitamin A yang tinggi serta bersifat antibakteri dalam minyak almond dapat membantu mengobati jerawat dan mengurangi peradangan. Minyak almond juga mengandung asam lemak yang tinggi. Kandungan asam lemak terbukti dapat membantu melarutkan minyak alami pada wajah, sehingga kulit bebas minyak berlebih. Selain itu, ada juga kandungan retinoid pada minyak almond yang bisa mengurangi munculnya jerawat dan meningkatkan pergantian sel kulit yang sehat.

foto: TikTok/@brittany.xavier

Cukup dengan kedua bahan tersebut, kamu dapat membuat masker wajah yang mampu mengurangi peradangan jerawat agar tak makin parah. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang mulus dan bebas jerawat. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok makan baking soda
2. 1 sendok makan minyak almond

foto: TikTok/@brittany.xavier

Cara membuat:

1. Tuangkan baking soda pada wadah.
2. Tambahkan minyak almond lalu aduk keduanya sampai merata.
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
5. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
6. Gunakan masker ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas jerawat.

(brl/jad)