Tak perlu pakai lip scrub, ini trik cerahkan bibir hitam dan sangat kering dengan 2 bahan dapur

20 Juni 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Bibir yang tak dirawat kesehatannya, maka akan berisiko kering, hitam, dan mengelupas. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, paparan sinar UV matahari, kebiasaan merokok, alergi, konsumsi kafein berlebihan, ketidakseimbangan hormon, faktor penuaan, hingga penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang menyebabkan bibir hitam adalah anemia, dermatitis, lentigo, dan yang lainnya. Tak hanya itu, biasanya produk kosmetik bibir abal-abal atau yang mengandung bahan kimia keras akan membuat warna bibir lebih gelap dan tampak menghitam.

Bahkan yang sering tak disadari kebanyakan orang seperti dehidrasi atau cuaca dingin, juga bisa menyebabkan bibir tampak sangat kering lho. Nah, jika bibir sangat kering hingga mengelupas, maka risiko bibir menghitam juga lebih tinggi.

Kondisi ini memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari cara untuk mencerahkan bibirnya yang hitam dan terasa sangat kering. Mulai dari memakai produk lipcare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga penggunaan bahan-bahan alami.

foto: TikTok/@waneyazee

Seperti halnya yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @waneyazee, yang menggunakan 2 bahan dapur untuk mencerahkan bibir hitam sekaligus melembapkannya. Jadi, kamu tak perlu lagi membeli produk lip scrub di pasaran. Bahan dapur yang dimaksud adalah gula pasir dan butter atau mentega. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @waneyazee, Kamis (20/6).

Bahan:

- 3 sendok teh gula pasir
- Butter secukupnya

foto: TikTok/@waneyazee

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan gula pasir pada wadah
2. Tambahkan butter yang sudah dicairkan
3. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata
4. Bersihkan bibir terlebih dahulu dari sisa makeup
5. Gosokkan lip scrub buatan kamu secara menyeluruh pada area bibir
6. Gosok-gosok dengan lembut selama 3-4 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer seperti lip balm atau petroleum jelly
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan bibir cerah dan lembut secara alami.

foto: TikTok/@waneyazee

Manfaat gula pasir untuk mencerahkan bibir dan mengatasi bibir kering.

Gula pasir dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi permasalahan bibir hitam dan kering lho. Tekstur gula pasir yang berbentuk butiran menjadi bahan abrasif yang bisa digunakan sebagai scrub. Bahan alami ini juga berperan sebagai humektan alami yang sangat baik untuk menjaga kelembapan dan kesehatan bibir.

Butter atau mentega efektif untuk menjaga bibir tetap lembap dan lembut.

Mentega mengandung vitamin dan nutrisi yang bagus untuk tubuh, seperti vitamin E, vitamin K, vitamin A, hingga selenium. Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, mentega bisa menjaga bibir tetap lembap dan lembut. Bahkan kandungan lemak di dalamnya juga efektif mencegah bibir mengelupas akibat terlalu kering.

(brl/far)