Tak perlu peeling klinik, ini trik hilangkan flek hitam di wajah pakai 1 produk olahan susu

14 November 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Flek hitam, dikenal dengan nama "ephelis" dalam istilah medis, merupakan sebutan bagi masalah kulit yang ditandai dengan munculnya kumpulan bintik dan bercak kecil berwarna cokelat kehitaman pada kulit. Masalah flek hitam ini sangat umum ditemukan di area wajah, namun tidak jarang pula ditemukan di area kulit badan. Meskipun tidak membahayakan secara medis, flek hitam acap dilihat sebagai noda kulit yang menurunkan kepercayaan diri seseorang terhadap kondisi kulitnya.

Salah satu penyebab utama munculnya flek hitam di wajah adalah paparan sinar UV dari matahari, terutama dengan gelombang UVB. Kondisi ini dikarenakan ketika kulit yang terpapar sinar matahari menyerap sinar UV, menyebabkan produksi melanin sebagai pigmen warna kulit meningkat.

Dalam prosesnya, penumpukan melanin akan muncul sebagai bercak kehitaman di permukaan kulit. Semakin sering bagian wajah terpapar sinar matahari, semakin besar tingkat penggelapan flek hitam yang akan dialami.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan beberapa cara. Selain harus rajin menggunakan sunscreen sebagai pelindung utama kulit dari sinar UV jahat, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif.

Salah satunya seperti memanfaatkan campuran yoghurt, tepung beras, dan madu. Cara ini sebagaimana ditunjukkan oleh pengguna akun Instagram @makeuppolita, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (14/11).

foto: freepik.com

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang dikenal kaya akan khasiat. Yoghurt mengandung asam laktat, probiotik, vitamin B, kalsium, dan zinc yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Asam laktat memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pemutih alami yang membantu merangsang pembentukan sel-sel kulit baru dan mencerahkan kulit. Sementara itu, probiotik membantu memperkuat lapisan pelindung alami sehingga kulit tidak rentan mengalami hiperpigmentasi.

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung vitamin B kompleks, antioksidan, dan asam amino yang semuanya berperan penting dalam meningkatkan kesehatan kulit. Sifat eksfoliasi alami dari butiran tepung beras membuatnya efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang dalam prosesnya dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, tepung beras juga memiliki sifat pemutihan alami yang membantu mengurangi noda dan bintik-bintik hitam pada kulit.

foto: freepik.com

Madu adalah sumber mineral, enzim, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit. Kelembutan alami madu membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Dengan begitu, madu bermanfaat dalam menghadang proses hiperpigmentasi kulit. Madu juga memiliki komponen asam alfa-hidroksi (AHA) yang mampu menstimulasi proses regenerasi kulit dan memunculkan kesan wajah yang lebih cerah.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh tepung beras
2. 1 sendok teh yoghurt murni
3. 1/2 sendok teh madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@makeuppolita

1. Tuangkan sekitar 2 sendok teh tepung beras ke dalam wadah kecil.
2. Lanjutkan dengan memasukkan 1 sendok teh yoghurt murni.
3. Tambahkan 1/2 sendok teh madu murni, lalu aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
4. Aplikasikan masker ini pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya sembari diusap lembut.
5. Diamkan selama 10 menit.
6. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.
7. Gunakan secara rutin sekitar  1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sanya Puri (@makeuppolitan)

(brl/jad)