Tak perlu perawatan mahal, begini cara hempas kulit kusam pakai masker dari 3 bahan alami

18 Juni 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Kulit wajah adalah bagian terdepan yang kerap terpapar terkena dampak dari segala aktivitas sehari-hari. Karena itu, banyak orang menghadapi permasalahan kulit yang mengganggu, seperti kekeringan, kerutan, dan kulit wajah yang terlihat kusam seiring dengan berlalunya waktu dan bertambahnya usia. Meskipun hal ini adalah akibat oleh proses alami, beberapa faktor internal dan eksternal pada dasarnya dapat mempercepat timbulnya masalah tersebut lho.

Kulit kusam sendiri adalah kondisi di mana kulit kehilangan kilau dan kecerahan naturalnya. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kulit kusam dapat bervariasi, termasuk paparan sinar matahari berlebih, polusi, kebiasaan hidup tidak sehat, hngga gangguan emosial seperti stres sekalipun.

Sementara itu, tanda-tanda penuaan pada kulit juga merupakan permasalahan yang cepat atau lambat akan dihadapi semua orang. Garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik usia, dan kehilangan elastisitas kulit adalah tanda-tanda yang biasa terlihat saat proses penuaan berlangsung akibat mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan kekenyalannya.

Dalam usaha mengatasi hal tersebut, tidak jarang orang tergoda untuk memilih produk-produk mahal yang diklaim dapat membawa hasil dan perubahan cepat. Brand-brand terkenal dengan kemasan mewah dan harga yang tinggi seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Selain itu juga, tak sedikit yang kemudian mempercayakan untuk perawatan mahal di klinik kecantikan

Meskipun nggak sepenuhnya salah, tapi harus diketahui bahwa perawatan wajah di klinik kecantikan mahal bukanlah jaminan akan kualitas dan keefektifan produk perawatan kulit. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini dengan cara yang lebih terjangkau secara harga namun tetap memberikan hasil yang memuaskan.

Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @imperfectico_ di Instagramnya sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Minggu (18/6). Si pemilik akun membocorkan cara alami untuk mengatasi kulit kusam, dia menggunakan masker yang terbuat dari biji chia, buat bit, dan tepung beras.

Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @imperfectico_ di Instagramnya sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Minggu (18/6). Si pemilik akun membocorkan cara alami untuk mengatasi kulit kusam, dia menggunakan masker yang terbuat dari biji chia, buat bit, dan tepung beras.

foto: freepik.com

Biji chia telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena kandungan nutrisi yang luar biasa. Biji chia mengandung antioksidan tinggi, seperti asam lemak omega-3, vitamin E, dan mineral seperti seng dan selenium. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, yang menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam.

foto: freepik.com

Buah bit mengandung senyawa alami yang disebut betalain, yang memberikan warna merah dan pigmen yang kuat. Betalain adalah antioksidan yang kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi. Ini membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan dalam tubuh, yang berkontribusi pada penuaan kulit.

Betalain juga meningkatkan sirkulasi darah, memberikan nutrisi yang cukup ke kulit, dan membantu dalam regenerasi sel kulit. Selain itu, buah bit juga mengandung vitamin C dan serat yang membantu menghilangkan racun dari tubuh.

foto: freepik.com

Tepung beras telah digunakan secara tradisional sebagai bahan perawatan kecantikan di berbagai budaya. Tepung beras mengandung asam kojat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, tepung beras juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Tepung beras juga memiliki sifat eksfoliasi yang lembut, membersihkan pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari ketiga bahan tersebut, kamu bisa menggabungkannya menjadi sebuah masker alami sebagaimana ditunjukkan @imperfectico_ lho. Berikut langkah-langkah pemanfaatannya.

Bahan dan alat yang digunakan:

foto: Instagram/@imperfectico_

1. 2 potong buah bit
2. Biji chia secukupnya
3. Tepung beras secukupnya
4. 1 buah mangkuk
5. Blender

Cara membuat:

foto: Instagram/@imperfectico_

1. Masukkan biji chia dan ekstrak buat bit ke dalam mangkuk yang telah disediakan. Kemudian tutuplah mangkuk tersebut sementara selama 10-15 menit.
2. Setelah didiamkan selama beberapa menit, tuangkan campuran tadi ke dalam blender. Blenderlah sampai halus, kemudian tuangkan kembali ke dalam mangkuk yang telah dibersihkan
3. Tambahkan tepung beras ke dalam mangkuk berisi campuran yang telah diblender tadi, kemudian aduk rata.

foto: Instagram/@imperfectico_

4. Aplikasikan masker tersebut secara merata ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian basuhlah muka menggunakan air yang bersih dan keringkan wajahmu setelahnya. Apabila digunakan secara rutin, maka kondisi kusam yang ada pada kulit kamu akan berkurang.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Glamrs (@beglamrs)

(brl/lea)