Tak perlu perawatan mahal, trik cerahkan ketiak hitam ini cuma pakai toner dan 2 produk pencerah wajah

01 / 06 / 2024 16:00 WIB

Brilio.net - Salah satu bagian lipatan tubuh yang rentan mengalami hiperpigmentasi kulit adalah ketiak. Kondisi ini terjadi akibat berbagai faktor, seperti gesekan akibat aktivitas sehari-hari, penumpukan sel kulit mati, penggunaan deodoran yang tidak cocok, perubahan hormonal, iritasi kulit, gaya hidup yang tidak sehat, hingga penyakit tertentu.

Berbagai faktor tersebut dapat memicu perubahan warna kulit ketiak jadi tampak lebih gelap. Padahal seharusnya, ketiak memiliki warna yang sama dengan warna kulit lainnya. Namun karena terjadinya hiperpigmentasi, ketiak jadi rentan menggelap hingga menghitam dan terasa bertekstur.

Tekstur kasar pada ketiak juga menjadi salah satu masalah umum yang muncul akibat penumpukan sel kulit mati atau daki yang tak dibersihkan secara rutin dan optimal. Kedua kondisi tersebut cukup mengganggu penampilan, sehingga tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengatasinya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan ketiak yang tampak hitam. Mulai dari melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan, menggunakan produk eksfoliasi, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, jika tak mau merogoh kocek terlalu dalam untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, tak perlu risau, karena kamu bisa memanfaatkan skincare yang kamu punya.

Skincare wajah ternyata juga bisa mencerahkan area ketiak yang hitam lho. Seperti dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @anggirisnawin yang memakai toner dan 2 produk pencerah wajah. Produk pencerah wajah yang dimaksud adalah produk pembersih wajah dan serum pencerah dengan kandungan gluta bright.

foto: TikTok/@anggirisnawin

Manfaat toner untuk mengangkat daki dan sel kulit mati pada kulit.

Untuk mencerahkan kulit ketiak, bisa memakai exfoliating toner yang kamu punya. Meskipun diformulasikan untuk melembapkan dan menutrisi kulit, namun toner juga mengandung bahan eksfoliasi yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan daki yang menumpuk. Tak terkecuali pada kulit ketiak. Penggunaan toner untuk ketiak memang bertujuan untuk melembapkan, membersihkan kotoran, menghaluskan kulit, dan membuatnya lebih cerah merata.

Pembersih wajah tak hanya membersihkan ketiak dari daki, tetapi juga membuatnya cerah merata.

Pembersih wajah seperti toner dan micellar water memang diformulasikan untuk membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran. Meski begitu, nyatanya pembersih wajah juga bisa membersihkan daki di area ketiak lho. Nah, pengangkatan daki akan membuat ketiak jadi tampak lebih cerah. Apalagi produk pembersih wajah yang digunakan mengandung bahan pencerah di dalamnya.

Serum pencerah dengan kandungan gluta bright efektif meratakan warna kulit ketiak.

Seperti diketahui, serum pencerah wajah biasanya mengandung zat seperti niacinamide, glutathione, hingga vitamin C. Nah, serum pencerah yang mengandung gluta bright biasanya memang diperkaya dengan niacinamide yang berfungsi untuk menyamarkan noda gelap pada kulit. Serum ini bermanfaat untuk mencerahkan dan membantu meratakan warna kulit. Nah, kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis serum pencerah wajah untuk meratakan warna kulit ketiak.

Ketiga produk wajah tersebut bisa kamu jadikan sebagai skincare ketiak yang dipercaya efektif untuk mencerahkan ketiak hitam. Pemanfaatan skincare wajah untuk merawat ketiak ini juga dapat membantu menghemat pengeluaran lho. Berikut cara menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @anggirisnawin, Sabtu (1/6).

foto: TikTok/@anggirisnawin

Bahan:

- Kapas kecantikan
- Pembersih wajah (toner pembersih atau micellar water)
- Exfoliating toner
- Serum pencerah wajah gluta bright(bisa kandungan niacinamide, glutathione, atau vitamin C)

Cara menggunakan:

1. Ambil kapas dan tuangkan pembersih wajah secukupnya.
2. Gosok-gosok pada ketiak untuk mengangkat kotoran yang menempel (lakukan sebelum mandi).
3. Lanjutkan dengan mandi sampai bersih (kamu juga bisa memanfaatkan scrub untuk membantu mengangkat daki di ketiak).

foto: TikTok/@anggirisnawin

4. Setelah mandi, keringkan ketiak menggunakan handuk.
5. Ambil kapas kembali lalu tuangkan exfoliating toner dan gosokkan pada ketiak.
6. Beri jeda beberapa menit lalu lanjutkan dengan menggunakan serum pencerah secukupnya.
7. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan ketiak yang cerah merata.