Tak perlu pore pack, cewek ini bagikan cara rapatkan pori-pori besar dengan scrub dari 3 bahan dapur

11 / 05 / 2024 18:00 WIB

Brilio.net - Pori-pori adalah komponen kulit yang memiliki peran penting, karena menjadi tempat keluarnya sebum yang akan menjaga kelembapan kulit. Namun sayangnya, pori-pori kerap kali tersumbat oleh berbagai kotoran, sehingga produksi sebum juga akan lebih banyak dari normalnya.

Pori-pori yang tersumbat ini akan membuat ukurannya tampak lebih besar dari yang seharusnya. Nah, pori-pori besar ini akan membuat wajah jadi kurang mulus, berminyak, dan tampak kusam.

Ada berbagai faktor yang memicu kondisi ini, seperti genetik, perubahan cuaca, paparan sinar matahari yang berlebih, suhu panas, hingga radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah. Wajah yang berminyak ini akan membuat kotoran atau radikal bebas mudah menempel di permukaan wajah.

Nah, beberapa kotoran yang dimaksud adalah sel kulit mati yang menumpuk, debu, serta sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal. Kotoran ini akan bercampur dengan sebum yang kemudian menyumbat pori-pori wajah.

Sumbatan yang tak dibersihkan dan segera diatasi ini akan berubah menjadi komedo. Komedo inilah yang juga membuat pori-pori jadi tampak lebih besar.

Pori-pori besar ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat meradang. Pasalnya kotoran yang terjebak di pori-pori wajah akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab munculnya peradangan jerawat.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa melakukan berbagai cara. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu produk skincare yang sering digunakan untuk mengatasi pori-pori besar adalah pore pack.

Pore pack sendiri merupakan skincare yang berupa plester untuk menghilangkan komedo dengan mengangkat kotoran penyebab pori-pori besar. Skincare ini memang efektif, namun ternyata ada bahan alami yang tak kalah efektif untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori besar.

Seperti yang dibagikan oleh seorang cewek melalui akun TikTok pribadinya @resepherbalbanyuwangi, yang justru memakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah tomat, gula pasir, dan baking soda.

foto: TikTok/@resepherbalbanyuwangi

Kandungan tomat untuk mengecilkan ukuran pori-pori wajah.

Tomat memiliki kandungan potasium dan vitamin C yang dipercaya mampu mengatasi masalah pori-pori wajah yang membesar. Dilansir dari Healthline, tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin A, beta karoten, kalium, magnesium, dan antioksidan lain yang melindungi kulit dari berbagai macam masalah, termasuk masalah penuaan dan kulit kusam.

Tomat juga memiliki berbagai manfaat lain seperti melembapkan wajah, mengatasi wajah berjerawat, mengangkat sel kulit mati, hingga mampu mengatur produksi minyak pada wajah, sehingga pori-pori wajah akan kembali mengecil.

Manfaat gula pasir untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori besar.

Gula pasir dapat kamu manfaatkan sebagai scrub alami, yang mampu mengatasi masalah komedo dan pori-pori wajah yang tampak membesar. Bahan pemanis tersebut juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, debu, dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori. Permukaannya yang sedikit kasar akan berguna sebagai physical exfoliator.

Baking soda efektif untuk mengatasi pori-pori wajah yang membesar.

Baking soda ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Bahan pengembang kue ini adalah bahan yang membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengecilkannya. Selain itu, baking soda juga dapat membantu dalam menyeimbangkan tingkat pH kulit. Sifat antiinflamasi dan antibakterinya membantu mengurangi jerawat dan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Mengandalkan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat scrub wajah yang efektif untuk mengatasi pori-pori besar sekaligus mengangkat kotoran penyebab komedo. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @resepherbalbanyuwangi, Jumat (10/5).

foto: TikTok/@resepherbalbanyuwangi

Bahan:

- 1/2 buah tomat
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh baking soda

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan gula pasir dan baking soda diatas potongan tomat
2. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup
3. Keringkan wajah
4. Gosokkan scrub pada bagian wajah secara menyeluruh
5. Lakukan dengan gerakan memutar selama 3-5 menit
6. Diamkan selama 15-20 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@resepherbalbanyuwangi