Tak perlu produk bleaching, ini cara pudarkan flek hitam pakai body scrub dari 1 jenis bahan pemanis

24 Juli 2023 10:25 WIB

Brilio.net - Seperti halnya di wajah, munculnya flek hitam di bagian tubuh lain juga cukup mengganggu penampilan. Umumnya, masalah ini muncul jika kulit terlalu sering terpapar matahari. Hal ini karena sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet sehingga produksi melanin meningkat. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya. Selain itu, bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan, tapi masalah kulit ini sering kali sulit dihilangkan.

Untuk mengatasi flek hitam, kamu bisa melakukan berbagai perawatan, seperti menggunakan pelembap dan krim pencerah. Atau bisa juga melakukan treatment secara rutin dengan cara eksfoliasi. Menariknya, kamu tak perlu beli produk mahal di pasaran untuk mengatasi masalah ini. Karena kamu bisa membuat skincare sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @the.preppy.sistas pada 8 Januari 2023. Dalam video berdurasi 35 detik itu, ia memberikan cara memudarkan flek hitam pakai body scrub dari gula pasir.

Selain itu, ia juga menggunakan bahan lain yaitu bubuk kunyit, minyak kelapa, dan body wash. Nah, jika ingin lebih ekstra melembapkan, kamu juga bisa menambahkan vitamin E.

"It’s a brightening scrub that helps so much for dark spots (Ini adalah scrub cerah yang sangat membantu untuk flek hitam)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @the.preppy.sistas, Minggu (23/7).

foto: freepik.com

Flek hitam pada kulit bisa dihilangkan menggunakan gula, karena gula merupakan eksfolian alami. Butiran kecil dan kasar pada bentuk gula juga mampu mengangkat sel kuilit mati. Selain itu, gula juga mengandung asam glikolat. Kandungan tersebut mampu membantu memecah sel kulit mati dan mengurangi garis halus pada kulit.

Menyamarkan bintik hitam atau flek pada kulit akibat hiperpigmentasi juga merupakan salah satu manfaat kunyit. Berkat senyawa antioksidan di dalamnya, mengggunakan scrub kunyit mampu mengurangi efek buruk sinar matahari sehingga flek hitam pun berkurang. Sedangkan minyak kelapa, mengandung asam laurat dan asam kaprat untuk menyamarkan flek hitam dan luka bekas jerawat.

Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu bisa membuat body scrub yang mampu membantu memudarkan flek hitam. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang cerah dan bebas noda. Berikut cara membuatnya.

foto: TikTok/@the.preppy.sistas

Bahan:

1. Gula pasir secukupnya
2. 1/2 sendok makan bubuk kunyit
3. Minyak kelapa secukupnya
4. Body wash secukupnya
5. Vitamin E secukupnya (bila perlu)

Cara membuat:

foto: TikTok/@the.preppy.sistas

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk semuanya sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta.
3. Aplikasikan pada kulit secara menyeluruh.
4. Gosok-gosok dengan lembut lalu diamkan selama 3-5 menit.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Gunakan secara rutin 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

(brl/jad)