Tak perlu serum, ini cara bikin kulit bebas flek hitam dengan minuman berkandungan retinol dari 3 buah

25 Desember 2023 04:27 WIB

Brilio.net - Timbulnya flek hitam atau hiperpigmentasi menjadi masalah umum yang banyak dialami sejumlah orang. Ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan melanin (pigmen pemberi warna kulit) di sejumlah anggota tubuh, termasuk wajah. Salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari.

Perlu kamu ketahui, paparan sinar UV dalam matahari ini jika terkena kulit tanpa perlindungan mampu merangsang produksi melanin. Hal tersebutlah yang menyebabkan bintik-bintik hitam bermunculan di wajah. Selain itu, flek hitam juga bisa timbul karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada fase kehamilan.

Faktor lainnya timbul karena proses penuaan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Faktor tersebut membuat kulit menjadi rentan terkena flek hitam karena proses regenerasi sel yang melambat. Masalah flek hitam di wajah ini mungkin membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman. Tak heran, jika banyak orang yang melakukan banyak cara untuk mencerahkan kembali flek hitam.

Salah satunya adalah merawat kulit menggunakan produk kecantikan yang mengandung retinol. Namun ternyata kandungan retinol ini juga bisa ditemukan di bahan-bahan alami, lho. Dengan begitu, kamu nggak perlu mengeluarkan kocek mahal untuk membeli skincare dengan kandungan retinol.

Pasalnya, kamu bisa merawat kulit dari dalam, seperti yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube mehglow. Dalam unggahannya, pemilik kanal tersebut menggunakan jalan alternatif dengan membuat minuman retinol yang terbuat dari wortel, dan tiga buah-buahan lainnya seperti lemon, apel, dan jeruk.

foto: YouTube/mehglow

Dilansir dari Byrdie.com, wortel ini kaya akan betakarote yang merupakan vitamin A yang berfungsi meregenerasi sel. Adanya kandungan antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin E bisa berubah menjadi retinol untuk mencerahkan flek hitam dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Sedangkan bahan lainnya, yaitu jeruk mengandung vitamin C yang bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit, serta membantu mengurangi kemunculan flek hitam. Kemudian apel merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang membantu membersihkan tubuh dari racun.

Kandungan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Adanya kandungan antioksidan dalam apel juga dapat membantu melawan efek penuaan pada kulit, serta memberikan perlindungan dari kerusakan radikal bebas. Sedangkan lemon mengandung vitamin C tinggi yang bisa mengurangi melanin berlebihan dalam kulit.

Tidak hanya itu, asam sitrat dalam lemon mampu mencerahkan flek hitam. Kemampuan eksfoliasi alaminya membantu mengangkat lapisan kulit mati. Bagi kamu yang ingin mencoba minuman retinol ini bisa mengikuti tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube mehglow, Senin (25/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/mehglow

1. 1 buah jeruk
2. 1 buah apel
3. 1 buah lemon
4. 1 buah wortel
5. Air secukupnya.

Cara membuat:

foto: YouTube/mehglow

1. Bersihkan wortel terlebih dahulu dari kulitnya
2. Cuci bersih semua bahan-bahan tersebut
3. Iris menjadi bagian-bagian kecil
4. Masukkan ke dalam blender dan tuangkan air putih
5. Haluskan semua bahan tersebut
6. Tuangkan pada gelas
7. Minuman dengan kandungan retinol siap untuk dikonsumsi
8. Agar hasil terlihat lebih cepat, konsumsi minuman ini secara rutin di malam hari.

(brl/mal)