Tak perlu serum kolagen, cara kencangkan wajah keriput ini cuma pakai 2 jenis umbi-umbian

27 / 05 / 2024 11:46 WIB

Brilio.net - Setiap orang pasti akan mengalami berbagai tanda penuaan saat usianya memasuki 40 tahun. Salah satunya adalah munculnya keriput. Keriput adalah kondisi kulit yang tampak kendur, penuh kerutan, dan muncul garis halus di beberapa area wajah. Pasalnya wajah merupakan bagian tubuh yang rentan terpapar sinar matahari, dan memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan bagian tubuh yang lainnya.

Paparan sinar matahari yang terlalu sering dan tanpa perlindungan tabir surya, akan membuat wajah rentan mengalami penuaan. Ini dikarenakan sinar UV dari matahari dapat merusak kolagen dan komponen elastin dalam kulit. Padahal kedua komponen tersebut berperan penting dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.

Selain sinar matahari, proses penuaan juga akan menurunkan produksi kolagen serta memperlambat regenerasi kulit, sehingga kulit akan rentan mengendur dan muncul keriput. Tak hanya itu saja, faktor genetik, stres, merokok, polusi, perubahan cuaca, dan gaya hidup yang tidak sehat juga berperan sebagai faktor munculnya keriput di wajah.

Jika kamu salah satu orang yang tidak percaya diri dengan adanya keriput di wajah, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare antiaging, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Skincare antiaging yang kerap digunakan untuk mengatasi atau mengurangi tampilan keriput di wajah adalah serum kolagen. Pasalnya, skincare ini mengandung kolagen dan bahan aktif lain yang berperan untuk merangsang pembentukan kolagen di kulit wajah, dan membuatnya terasa lebih kencang.

Namun ternyata, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli serum kolagen. Kamu bisa mengencangkan wajah keriput dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @virul79. Melalui video unggahannya, ia cuma memakai 2 jenis umbi-umbian yakni wortel dan kentang, serta bubuk gelatin sebagai bahan tambahan.

foto: TikTok/@virul79

Kandungan wortel untuk mengencangkan wajah.

foto: Freepik.com

Melansir dari Healthline, wortel kaya akan kandungan beta karoten, vitamin C, serat, kalium, serta sumber antioksidan. Kandungan beta karoten efektif untuk memperlambat penuaan sel kulit. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidannya juga ampuh merawat kesehatan dan kekenyalan kulit.

Manfaat kentang untuk mengurangi tampilan keriput di wajah.

foto: Freepik.com

Kentang kaya akan kandungan protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, dan potasium yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat menunda munculnya berbagai tanda penuaan. Potasium juga ampuh mengencangkan kulit dengan membuatnya lebih kenyal dan mengurangi tampilan keriput.

Bubuk gelatin mampu menjaga kulit wajah tetap kencang dan bebas keriput.

foto: Freepik.com

Bubuk gelatin diklaim dapat digunakan untuk mengencangkan kulit dan menyamarkan keriput serta berbagai tanda penuaan lain. Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam amino dan berbagai vitamin di dalamnya. Biasanya bahan ini digunakan sebagai masker wajah antiaging.

Mengandalkan tiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya efektif untuk mengencangkan keriput. Tak hanya itu saja, masker ini juga mampu menjaga kulit tetap kenyal dan bebas kendur. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @virul79, Senin (27/5).

Bahan:

foto: TikTok/@virul79

- 1 batang wortel
- 1 butir kentang
- 1 sendok makan bubuk gelatin

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@virul79

1. Kupas wortel dan kentang sampai bersih.
2. Parut wortel lalu peras dan ambil airnya.
3. Begitupun dengan kentang, parut dan ambil airnya saja.
4. Campurkan kedua sari atau air dari umbi-umbian tersebut.
5. Tambahkan bubuk gelatin lalu aduk sampai tercampur merata.
6. Tuangkan kedalam panci dan panaskan selama 1 menit sembari terus diaduk.
7. Tunggu sampai dingin lalu aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
8. Tunggu sampai kering lalu kelupas secara perlahan.
9. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih.
10. Aplikasikan moisturizer.
11. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.