Tak perlu serum mahal, ini trik mudah bikin kulit cerah bersinar cuma pakai kulit 1 jenis buah

25 Agustus 2023 08:01 WIB

Brilio.net - Kulit kusam merupakan sebutan bagi kulit yang kehilangan kilau alaminya, sehingga terlihat kurang cerah dan tidak segar. Nah, salah satu faktor yang penyebabkan munculnya masalah tersebut adalah faktor lingkungan, paparan sinar matahari dan polusi. Polusi maupun sinar ultraviolet dari matahari tidak hanya merusak struktur kolagen kulit, namun juga memicu hiperpigmentasi yang membuat berkurangnya kecerahan kulit.

Selain faktor lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi tingkat kecerahan kulit. Konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, stres, minim istirahat, dan kurang olahraga dapat menyebabkan tubuh sulit menyuplai nutrisi baik pada kulit. Akhirnya, kebiasaan tersebut lama-kelamaan akan merusak kulit dari dalam dan menimbulkan berbagai masalah, termasuk kondisi kulit yang kusam.

Untuk menghindari kondisi kulit dari kekusaman, kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal. Soalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai kulit yang sehat tanpa harus menghamburkan uang. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh @roshnichopra di Instagram.

Dilansir briliobeauty.net pada Jumat (25/8), pemilik akun tersebut menunjukkan cara sederhana untuk mencerahkan kulit dengan memanfaatkan kulit pisang saja, lho. Nggak banyak yang tahu, kulit buah berwarna kuning ini mengandung senyawa bioaktif seperti antioxidan dan enzim, termasuk lutein yang dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit.

foto: freepik.com

Selain itu, kulit pisang juga mengandung senyawa seperti antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit. Enzim dalam kulit pisang juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

Nggak pakai ribet dan tanpa perlu bahan tambahan lainnya, kamu cukup memanfaatkan kulit pisang saja. Nah, penasaran bagaimana cara memanfaatkannya? Berikut langkah-langkahnya, dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@roshnichopra.

Bahan:

1. 1 buah pisang

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@roshnichopra

1. Kupas 1 buah pisang dan pisahkan kulitnya
2. Masukkan kulit pisang ke dalam kulkas (bisa di freezer) selama beberapa waktu
3. Bila dirasa cukup, keluarkan kulit pisang dan pisahkan menjadi beberapa bagian
4. Aplikasikan dengan cara menggosokkan bagian dalam kulit pisang secara lembut ke seluruh area wajah selama beberapa saat (3-5 menit)
5. Setelahnya, biarkan kulit pisang tersebut di area bawah mata selama kurang lebih 10 menit.
6. Pijat muka kembali sebelum membilas residu yang tersisa dengan air hingga bersih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Roshni Chopra (@roshnichopra)

(brl/mal)