Tak perlu suntik botoks, ini trik simpel mengencangkan kulit kendur penuh kerutan pakai 1 jenis bunga

15 September 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Memiliki wajah yang terlihat awet muda dan segar jelas menjadi salah satu impian banyak orang. Namun seiring berjalannya waktu, setiap orang tidak dapat menghindari proses penuaan. Tidak hanya tubuh yang semakin melemah dan tenaga yang semakin berkurang, bentuk kulit yang dulu kenyal dan kencang akan mulai mengendur dan kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia.

Kulit seseorang menjadi kendur karena didasari pada faktor produksi kolagen dan elastin. Dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya.

Lambat laun, kulit wajah pun jadi kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur. Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan tersebut, prosedur suntik botoks menjadi salah satu metode yang sering diandalkan sebagai dalam dunia kecantikan . Botoks (botulinum toxin) adalah salah satu jenis perawatan kecantikan yang melibatkan injeksi neurotoksin untuk merelaksasi otot-otot tertentu di wajah, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Tak bisa dimungkiri, hasil dari suntik botoks memang bisa terlihat mengagumkan karena kemampuannya menjadikan kulit tampak lebih kencang dan halus meskipun orang tersebut telah bertambah umur. Meskipun menawarkan hasil yang memuaskan, ada banyak bahaya yang dapat datang dari prosedur ini. Suntik botoks merupakan tindakan medis yang memerlukan ahli berpengalaman untuk melakukannya.

Jika tidak dijalankan dengan benar, prosedur ini dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan penglihatan, sakit kepala, atau bahkan kelumpuhan sementara pada otot wajah. Selain itu, prosedur ini memerlukan pengecekan secara berkala untuk mempertahankan efeknya sehingga mahal dan memakan waktu.

Daripada suntik botoks, lebih mending kamu melakukan tindakan preventif untuk memudarkan tanda-tanda penuaan menggunakan bahan alami. Selain gampang didapatkan, bahan alami ini juga lebih ekonomis. Salah satunya dengan menggunakan campuran bunga hibiscus (kembang sepatu), aloe vera, dan madu sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @skinhaircare_1720 di Instagram pada Jumat (15/9).

foto: freepik.com

Bunga hibiscus atau bunga kembang sepatu adalah bunga yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Selain itu, bunga rosella mengandung asam alpha hydroxy (AHA) yang menstimulasi proses regenerasi kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membuat bunga ini dapat mengurangi tampilan kerutan di wajah dan membuatnya menjadi lebih kencang dalam prosesnya.

foto: freepik.com

Gel lidah buaya sendiri telah lama dikenal kaya akan banyak senyawa bermanfaat, termasuk vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Dengan kandungan tersebut, aloe vera dapat menghidrasi kulit secara mendalam dan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Hal ini membuat aloe vera dapat membantu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan serta kembali mengencangkan kulit yang mengendur.

foto: freepik.com

Madu sendiri telah dikenal mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan antioksidan dalam madu merupakan zat yang efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu, madu penuh dengan faktor hidrasi yang dapat memberi kelembapan pada kulit dengan baik.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan bubuk bunga kembang sepatu
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1 sendok makan madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@skinhaircare_1720

1. Ambil 1 sendok makan bubuk bunga kembang sepatu dan masukkan dalam wadah kecil
2. Tambahkan gel aloe vera dan madu murni sebanyak masing-masing 1 sendok makan
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
4. Aplikasikan campuran ini pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh
5. Diamkan selama 15-20 menit
6. Bila dirasa cukup, gosok sedikit sebelum dibilas dengan air hingga bersih
7. Lakukan sebanyak 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @skinhaircare_1720

(brl/mal)