Tak perlu suntik putih, kombinasi alpha arbutin dengan 3 kandungan skincare ini bikin wajah auto cerah

25 / 05 / 2024 11:00 WIB

Brilio.net - Memiliki kulit cerah dan terbebas dari semua permasalahan wajah, rasanya menjadi impian semua wanita. Bahkan tak sedikit dari mereka banyak menginginkan wajah tampak awet muda saat usia semakin bertambah. Keinginan ini pun diwujudkan lewat sejumlah skincare. Tak heran jika kini penjualan skincare di pasangan meningkat pesat.

Ada berbagai macam produk skincare yang bisa kamu gunakan, mulai dari pembersih, toner, serum, dan pelembap. Produk skincare diformulasi dengan berbagai kandungan bahan aktif dan juga alami. Salah satunya yang kini cukup populer di tengah-tengah masyarakat Indonesia adalah alpha arbutin.

Alpha arbutin dikenal efektif dalam mengatasi hiperpigmentasi, bintik-bintik hitam, dan masalah kulit lainnya yang tak menimbulkan efek samping berat. Menjadi turunan dari hydroquinone membuat alpha arbutin mampu mencerahkan kulit. Selain itu, alpha arbutin dianggap lebih aman dan lebih efektif karena dapat melepaskan hydroquinone secara bertahap sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim tirosinase yang bertanggung jawab dalam produksi melanin. Proses ini memberikan dampak positif bagi kulit, seperti mengurangi produksi melanin. Oleh karena itu alpha arbutin membantu mencerahkan warna kulit secara keseluruhan.

Selain itu, alpha arbutin juga bisa menyamarkan bekas jerawat atau noda hitam. Hal ini dikarenakan sifat pencerah pada alpha arbutin membantu menyamarkan bekas-bekasnya hingga merata.

Bahkan kandungan antioksidan di dalam alpha arbutin mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV. Tak heran jika alpha arbutin mampu mencegah pembentuk bintik hitam.

Itulah manfaat dari alpha arbutin bagi kecantikan kulit. Semua manfaat di atas bisa jadi lebih cepat terlihat efeknya pada kulit jika kamu mengkombinasikan dengan kandungan skincare lainnya. Informasi yang dibagikan seorang dokter yaitu dr.Anita Ang, AAAM menyebutkan ada tiga bahan skincare yang bisa dikombinasikan dengan alpha arbutin.

"3 skincare yang bagus banget di gabung dengan Alpha Arbutin," keterangan dalam unggahan video, dikutip briliobeauty.net dari TikTok @dr.antiaang, Jumat (24/5).

Nah, penasaran apa saja bahan kandungan skincare yang disebut oleh Dokter Anita, yuk simak informasinya sebagaimana briliobeauty.net lansir dari @dr.antiaang, Jumat (24/5).

1. Alpha arbutin + kojic acid.

kombinasi kandungan alpha arbutin.
TikTok/@dr.antiaang

Kombinasi bahan skincare yang pertama yaitu alpha arbutin dan kojic acid. Kedua bahan ini mampu mencerahkan wajah, memudarkan flek hitam dan mengatasi kulit kusam.

Sementara itu, manfaat dari kojic acid pada skincare sendiri juga mampu mencerahkan. Asam kojic adalah agen pencerah yang efektif. Dengan menghambat enzim tirosinase, asam kojic mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Hasilnya, kulit tampak lebih cerah dan merata.

Selain itu, asam kojic efektif dalam memudarkan bekas jerawat yang biasanya meninggalkan noda hitam atau kemerahan. Dengan mengurangi produksi melanin di area bekas jerawat, asam kojic membantu mengembalikan warna kulit yang merata dan lebih halus.

2. Alpha arbutin dan vitamin C.

kombinasi kandungan alpha arbutin.
TikTok/@dr.antiaang

Kombinasi bahan skincare yang kedua yaitu alpha arbutin dan vitamin C. Kedua kombinasi bahan ini mampu mencerahkan kulit. Selain itu, alpha arbutin dan vitamin C juga mampu menangkal radikal bebas sehingga kulit awet muda.

Nah, kandungan vitamin C dalam skincare bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam produksi melanin. Dipercaya bisa mengurangi produksi melanin, secara tidak langsung vitamin C membantu memudarkan bintik-bintik gelap dan hiperpigmentasi, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Tak hanya itu, vitamin C menjadi antioksidan yang melawan radikal bebas, molekul yang dapat merusak kolagen dan elastin di kulit, menyebabkan garis halus, kerutan, dan kehilangan kekenyalan. Dengan melindungi kulit dari radikal bebas, vitamin C membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tampak muda lebih lama.

3. Alpha arbutin + HA (Hyaluronic acid).

kombinasi kandungan alpha arbutin.
TikTok/@dr.antiaang

Kombinasi terakhir yaitu alpha arbutin dan HA atau hyaluronic acid. Kedua kandungan ini juga mampu membuat wajah jadi tampak cerah. Bahkan jika digunakan secara rutin bisa menjaga kelembapan dan antiaging, sehingga wajah bebas dari tanda penuaan.

Berbicara mengenai hyaluronic acid, bahan skincare satu ini dikenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Hyaluronic acid memiliki kemampuan unik untuk menarik dan menahan air hingga 1000 kali beratnya. Tak heran jika hyaluronic acid sangat efektif dalam menghidrasi kulit, menjadikannya lembap, kenyal, dan bercahaya.

Cara cerahkan wajah tanpa suntik putih.

Cara mencerahkan wajah bisa kamu dapatkan dengan berbagai acara, selain menggunakan produk skincare dan tak suntik putih, kamu juga bisa mencerahkan wajah dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami. Ada tiga bahan alami yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Lemon.

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Untuk menggunakannya lemon cukup campurkan perasan lemon dengan air dalam perbandingan 1:1. Oleskan campuran ini ke wajah menggunakan kapas. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2-3 kali seminggu.

2. Yoghurt.

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Cara menggunakannya cukup oleskan yogurt tawar langsung ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali seminggu.

3. Lidah buaya.

Aloe vera memiliki sifat penyembuhan dan dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi bintik hitam, dan melembapkan kulit. Sementara itu, cara menggunakannya ambil ekstrak gel dari daun aloe vera segar. Oleskan gel langsung ke wajah, biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari untuk hasil terbaik.