Tak perlu tambahan baking soda, TikToker ini unggah trik putihkan gigi kuning pakai 3 bahan alami

18 Juni 2024 11:26 WIB

Brilio.net - Perubahan warna gigi biasanya tidak terlalu kentara karena prosesnya terjadi secara bertahap. Warna gigi yang berubah ini umumnya dipicu oleh kebiasaan buruk malas menyikat gigi, terlalu sering merokok, kebanyakan mengonsumsi kopi atau teh, serta penumpukan plak dan karang gigi.

Gigi juga bisa terlihat lebih kuning atau gelap seiring bertambahnya usia seseorang. Saat enamel gigi bagian luar terkikis, dentin -lapisan kedua jaringan kalsifikasi di bawah lapisan enamel- kekuningan di bawahnya semakin jelas terlihat. Dan, bila masalah ini tak segera di atasi, masalah baru seperti bau mulut akan muncul.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menyikat gigi sehari dua kali dan rajin melakukan perawatan di dokter gigi. Apabila gigi sudah terlanjur berwarna kuning, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencoba mengembalikan warna gigi yang lebih putih.

Kebanyakan orang akan memanfaatkan baking soda untuk memutihkan giginya. Padahal baking soda bisa menimbulkan rasa perih saat menyentuh gusi. Tak hanya itu saja, baking soda juga dapat mengikis enamel gigi, dan justru membuat gigi lebih sensitif.

foto: TikTok/@elixirsecrets

Solusi lainnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami lain seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @elixirsecrets. Dalam unggahannya tersebut, pemilik akun menggunakan 3 bahan alami yaitu bawang putih, bubuk kopi, dan minyak zaitun. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @elixirsecrets, Selasa (18/6).

Bahan:

foto: TikTok/@elixirsecrets

- 1 siung bawang putih
- 1 sendok teh bubuk kopi
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 1 sendok makan pasta gigi

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@elixirsecrets

1. Kupas bawang putih lalu parut sampai halus.
2. Tambahkan bubuk kopi, minyak zaitun, dan pasta gigi.
3. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
4. Gunakan untuk menyikat gigi selama 2 menit.
5. Lakukan hingga ke sela-sela gigi.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Ulangi cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan gigi putih bebas noda kuning.

Kandungan bawang putih untuk memutihkan gigi.

foto: Freepik.com

Dikutip dari Healthline, bawang putih mengandung senyawa allicin dengan kandungan antibakteri dan antimikroba. Berkat senyawa tersebut, bawang putih dipercaya mampu membunuh kuman di dalam gigi yang menyebabkan munculnya noda kuning pada gigi akibat sisa makanan yang masih menempel.

Manfaat bubuk kopi untuk mengikis noda kuning di permukaan gigi.

foto: Freepik.com

Bubuk kopi memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat digunakan sebagai scrub alami guna mengikis noda kuning di permukaan gigi. Namun, penggunaan bubuk kopi sebagai scrub gigi harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak enamel gigi. Terlalu sering atau terlalu keras menggosok gigi dengan bahan minuman ini dapat menyebabkan abrasi pada enamel gigi dan merusaknya.

Minyak zaitun bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta membuatnya bebas noda kuning.

foto: Freepik.com

Dilansir dari adejournal.com, metode populer yang dikenal sebagai "oil pulling" biasanya dilakukan dengan berkumur, menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun selama beberapa menit setiap hari. Oil pulling diyakini dapat membantu mengurangi plak gigi dan meningkatkan kesehatan gusi. Tak heran jika minyak alami ini bisa membantu gigi terbebas dari noda kuning.

(brl/psa)