Tak perlu tambahan gula dan madu, ini trik atasi bibir hitam dan mengelupas pakai 1 jenis tepung

4 Desember 2023 21:00 WIB

Brilio.net - Banyak orang yang mengabaikan kesehatan dan perawatan bibir. Sehingga bibir jadi mudah kering, hitam, dan mengelupas. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti gaya hidup, paparan sinar UV matahari, kebiasaan merokok, alergi, konsumsi kafein berlebihan, ketidakseimbangan hormon, serta faktor penuaan.

Warna bibir juga bisa tampak menghitam dan kering, hingga mengelupas jika kamu menderita gangguan medis tertentu seperti anemia, dermatitis, lentigo, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, produk kosmetik bibir abal-abal atau yang mengandung bahan kimia keras juga bisa membuat warna bibir lebih gelap dan tampak menghitam.

Beberapa faktor tersebut juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan mengelupas. Jika terus dibiarkan maka bibir yang mengelupas ini akan menjadi lebih parah hingga berdarah. Untuk mengatasi masalah ini kebanyakan orang akan menjilat bibirnya, sebagai upaya untuk mengurangi bibir kering. Padahal cara ini justru akan membuat bibir semakin kering dan iritasi.



Nah, solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan scrub bibir. Tak perlu tambahan gula dan madu, karena pemilik akun TikTok @ayesha.chaudhry1 pada 7 September 2023, justru memakai 1 jenis tepung. Tepung yang dimaksud adalah tepung beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu lemon.

"Soft & pink lips (Bibir lembut & merah muda)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ayesha.chaudhry1, Senin (4/12).

foto: freepik.com

Tepung beras merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Selain kandungan antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, tepung ini juga dipercaya dapat meningkatkan hidrasi kulit sehingga membuatnya lebih lembut dan awet muda. Kandungan asam ferulat di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sederet manfaat lainnya dari tepung beras di antaranya untuk mengeksfoliasi, mengatasi jerawat, dan mengencangkan kulit wajah. Kemampuannya sebagai eksfoliator alami ini lah yang bermanfaat untuk mencerahkan bibir yang hitam sekaligus melembutkannya. Ini karena dapat mengangkat sel kulit mati penyebab bibir hitam dan mengelupas.

Begitupun dengan lemon yang juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah bibir. Terutama bibir hitam dan mengelupas. Ini berkat kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, salah satunya kulit bibir. Studi dalam jurnal Biological and Pharmaceutical Bulletin menunjukkan bahwa jeruk lemon dapat berperan sebagai inhibitor melanin untuk bantu atasi bibir yang hitam.

foto: TikTok/@ayesha.chaudhry1

Nah, cukup dengan kedua bahan alami ini kamu dapat membuat scrub bibir yang efektif untuk mencerahkan bibir hitam dan membuatnya lembut. Bahkan pemakaian yang rutin akan membuat bibirmu lebih lembap, kenyal, dan pink alami. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1/2 Sendok makan tepung beras
2. Perasan lemon secukupnya

foto: TikTok/@ayesha.chaudhry1

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan tepung beras pada wadah kemudian tambahkan perasan lemon
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan mendapatkan tekstur seperti pasta
3. Bersihkan bibir terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran dan sisa lip product
4. Aplikasikan scrub bibir buatanmu secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan gerakan memutar secara lembut
6. Diamkan selama 10 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan lip balm
9. Gunakan scrub bibir ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan bibir yang lembut dan pink alami.

(brl/far)