Tak perlu tambahan putih telur, ini cara samarkan ukuran pori wajah pakai 1 jenis tumbuhan herbal

16 Oktober 2023 14:40 WIB

Brilio.net - Banyak orang merasa risih dengan ukuran pori-pori di wajahnya yang tampak membesar. Pasalnya pori-pori wajah yang besar akan membuat tampilan wajah jadi mudah berminyak dan tampak kurang mulus. Apalagi pori-pori wajah yang membesar ini bisa memicu berbagai masalah kulit. Contohnya, munculnya jerawat dan hingga komedo.

Hal ini disebabkan oleh penumpukan kotoran yang terperangkap di dalamnya. Sebenernya, pori-pori memiliki peran penting bagi kesehatan kulit lho. Dengan adanya pori-pori, sebum dapat dikeluarkan dari kelenjar minyak sehingga kulit tetap terjaga kelembapan alaminya.

Ukuran pori-pori pada wajah juga umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, dan jenis kelamin. Hanya saja, pori-pori besar cenderung dimiliki oleh orang-orang yang punya tipe kulit berminyak. Ukuran pori jadi membesar karena meningkatnya jumlah sebum yang dikeluarkan.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki pori-pori besar, tak perlu risau karena kamu bisa menyamarkannya dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami. Tak perlu tambahan putih telur, karena akun TikTok @aribasfoodmood pada 6 Agustus 2023, justru memakai 1 jenis tumbuhan herbal. Tumbuhan herbal yang dimaksud adalah gel lidah buaya atau aloe vera gel. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar.

"SERUM FOR OPEN PORES, Best serum to minimise open pores (SERUM UNTUK PORI TERBUKA, Serum terbaik untuk mengecilkan pori-pori terbuka)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aribasfoodmood, Senin (16/10).

foto: freepik.com

Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan untuk obat hingga perawatan kulit dan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kulit. Seperti mengatasi pori-pori besar dan mencegah jerawat muncul pada wajah. Hal ini juga berkat sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri di dalamnya.

Tak terkecuali dengan air mawar dengan kandungan zat astringent yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Bahan alami ini juga dapat sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah. Dengan begitu, pori-pori kulit wajah kamu akan mengecil sehingga kulit terasa halus.

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Kedua bahan yang sudah disebutkan dapat kamu buat menjadi serum wajah yang ampuh menyamarkan ukuran pori-pori wajah yang membesar. Bahkan bahan-bahan ini juga mampu membuat wajahmu tampak kenyal, lembap, dan awet muda. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Sendok makan aloe vera gel
2. 1/2 Sendok makan air mawar

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Oleskan pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur
5. Diamkan sampai kering dan lanjutkan dengan penggunaan skincare favoritmu
6. Jangan lupa tambahkan moisturizer dan sunscreen untuk memaksimalkan perawatan wajahmu
7. Gunakan serum ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan wajah yang halus dan mulus.

(brl/far)