Tak perlu treatment laser, ini cara meremajakan kulit agar garis halus pudar hanya pakai 1 macam buah

11 Desember 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Mempunyai tampilan kulit yang sehat, halus, dan terbebas dari tanda-tanda penuaan merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun sayangnya kondisi kulit yang didambakan itu tidak selamanya bisa bertahan. Ini bisa terjadi karena semakin bertambah usia seseorang, proses penuaan alami pada kulit pun akan mulai berlangsung. Kondisi ini menyebabkan tanda-tanda penuaan mulai terjadi, seperti garis halus, kerutan, dan kendur.

Munculnya garis halus bisa terjadi lebih cepat karena disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti paparan sinar UV dari matahari yang secara tidak langsung bisa merusak kolagen dan serat elastis kulit. Akibatnya akan menimbulkan keriput, garis halus, dan membuat kulit kehilangan kekencangan dan kelembapannya. Tak hanya itu, radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi lingkungan, rokok, dan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan stres oksidatif juga mampu merusak sel-sel kulit dan penuaan dini.

Meskipun begitu, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak langkah yang bisa diambil untuk meremajakan kulit dan mengurangi tampilan garis halus. Seperti melindungi kulit dari sinar matahari dengan tabir surya serta merawat kulit dengan produk berbahan retinoid, vitamin C, dan asam hialuronat atau peptida yang mampu mengurangi garis halus. Kemudian, kamu juga bisa menjaga kelembapan kulit dengan produk skincare mengandung gliserin.

Beberapa cara tersebut akan membuat kulit menjadi halus, segar, dan kembali bercahaya, tanpa perlu menggunakan perawatan mahal seperti treatment laser. Untuk perawatan ekstra, kamu bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Seperti memakai masker wajah dari tepung gram dan jus tomat.

Tepung gram memiliki butiran halus yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikannya eksfolian alami yang lembut untuk kulit. Bahan alami ini dapat menyerap kelebihan minyak, membantu menjaga kulit tetap segar, dan mencegah jerawat.

Sementara itu, tomat mengandung likopen dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penuaan dini. Kemudian, kandungan vitamin C di dalam tomat membantu mencerahkan kulit dan merangsang produksi kolagen, yang membantu menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Sifat antiinflamasi tomat juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi kemerahan yang mungkin terkait dengan garis halus.

Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan di atas, kamu tertarik untuk meremajakan kulit dengan masker ini? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini seperti dilansir briliobeauty.net, Senin (11/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/behindbeautytamil

1. 1 sendok makan tepung gram
2. 2 sendok jus tomat

Cara membuat:

foto: YouTube/behindbeautytamil

1. Masukkan tepung gram ke dalam mangkuk.
2. Tuangkan jus tomat pada wadah tersebut.
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.
4. Masker siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/behindbeautytamil

1. Oleskan masker tersebut pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan.
2. Diamkan kurang lebih selama 20 menit.
3. Bilas masker tersebut dengan air biasa.
4. Keringkan dan gunakan pelembap wajah.
5. Agar hasil terlihat dengan cepat, gunakan masker ini secara rutin.

(brl/jad)