Tampak 10 tahun lebih muda, begini trik atasi kerutan dan wajah kendur pakai 2 sumber protein

26 November 2023 16:01 WIB

Brilio.net - Kerutan dan wajah yang mulai mengendur memang menjadi masalah umum yang dialami orang saat usianya memasuki 30 tahun ke atas. Kondisi ini terjadi karena kolagen dan elastin pada kulit mengalami penurunan, sehingga jaringan kulit mulai melemah dan memunculkan kerutan serta kulit kendur.

Namun masalah ini juga bisa muncul pada seseorang yang masih muda, lho. Ini karena berbagai faktor seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, tidak menjaga kelembapan kulit, gaya hidup yang tidak sehat, polusi, hingga stress. Beberapa faktor tersebut dapat merusak skin barrier dan menyebabkan kulit mengendur.

Padahal tak sedikit orang yang menginginkan kulit tetap kencang dan terlihat 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan akun TikTok @adanwaimo yang memberikan trik atasi kerutan dan wajah kendur pakai 2 sumber protein.

"Look 10 years younger than your age. This homemade anti aging remedy will make your skin look fresh and young (Terlihat 10 tahun lebih muda dari usia kamu. Obat anti penuaan buatan sendiri ini akan membuat kulit kamu terlihat segar dan awet muda)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @adanwaimo, Minggu (26/11).

Sumber protein yang dimaksud adalah putih telur dan susu bubuk. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu. Putih telur adalah sumber protein yang punya banyak manfaat untuk kulit. Protein ini yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

foto: freepik.com

Selain protein, putih telur juga mengandung albumin yang dapat membantu mengencangkan kulit kendur. Kandungan vitamin A di dalamnya juga dipercaya dapat membantu mengurangi keriput dan mencegah kerusakan kulit.

Tak kalah ampuh dengan putih telur, susu bubuk juga memiliki kandungan protein cukup tinggi. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu memperbaiki kondisi kulit, sehingga membuatnya terlihat awet muda. Tak terkecuali dengan madu yang juga efektif untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

Pasalnya madu memiliki kandungan antioksidan yang ampuh mengatasi keriput di wajah. Antioksidan juga akan membantu proses regenerasi kulit lebih cepat sehingga wajah akan lebih kencang. Dengan ketiga bahan tersebut, kamu dapat membuat masker wajah yang dipercaya ampuh mengurangi tanda-tanda penuaan.

Bahkan wajahmu yang kendur dan penuh kerutan otomatis akan kencang dan kenyal. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

foto: TikTok/@adanwaimo

1. 1 butir putih telur
2. 1 sendok makan susu bubuk
2. 1 sendok teh madu

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@adanwaimo

1. Pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja
2. Tambahkan susu bubuk dan madu
3. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
6. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan antikendur.

(brl/mal)