Tampak seperti baru dibeli, ini cara perbaiki palette makeup yang pecah pakai 1 produk pembersih luka

29 Januari 2024 12:25 WIB

Brilio.net - Bagi kamu yang sering menggunakan makeup tentunya tidak asing lagi dengan makeup palette (palet makeup). Palet makeup ini difungsikan untuk menyatukan berbagai ragam dan variasi isian produk dalam satu wadah, sehingga menjadi produk yang praktis dan mudah digunakan. Hal ini membuat palet menjadi solusi ideal untuk mereka yang ingin merias wajah dengan berbagai tampilan tanpa harus mengumpulkan produk satu per satu.

Palet makeup sendiri sejatinya terdiri dari banyak jenis. Mulai dari eyeshadows, blush, highlighter, hingga lipcream dan concealer sekalipun. Palet ini biasanya akan menggabungkan beberapa warna hingga tekstur yang berbeda, sehingga menjadi solusi all-in-one ketika akan mengaplikasikan dan berkreasi dengan makeup tersebut. Bahkan, beberapa brand terkadang juga membuat kotak palet dan isi produk dalam 1 paket secara terpisah, sehingga bisa disusun sesuai keinginan pembelinya.

foto: freepik.com

Walau menjadi solusi yang praktis, kebanyakan wadah palet sangatlah rentan terhadap kerusakan yang membuat isi produknya (terutama yang terbentuk dari powder) jadi hancur. Terkadang, orang-orang mungkin akan menjatuhkan palet mereka tanpa disadari atau tidak sengaja meletakkannya di tempat mudah tertindih. Hal ini menyebabkan bubuk di dalamnya akan menjadi pecah berantakan, Selain menjadi sulit digunakan, hal ini juga merusak keindahan palet tersebut.

Namun begitu, rupanya kamu bisa mengatasi permasalahan ini tanpa harus membeli produk baru lho. Soalnya, kamu bisa memperbaiki isi palet yang rusak tersebut dengan menggunakan bantuan alkohol. Hal ini sebagaimana diperagakan oleh @shahlalaihah di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu (28/1).

Walaupun banyak digunakan dalam tujuan mensterilisasi sesuatu, alkohol juga bisa digunakan untuk menyatukan kembali partikel bubuk makeup yang pecah berantakan. Karena sifatnya yang cepat menguap, alkohol ini lama-kelamaan akan mengering, sehingga akan meninggalkan bubuk yang awalnya berserakan tadi kembali rata tanpa mengubah teksturnya. Plus, sifat antibakteri dalam alkohol juga membantu menjaga kebersihan dari isi palet tersebut.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

foto: Instagram/@shahlalaihah

Alat dan bahan:

1. Alkohol secukupnya
2. Kertas tisu tebal (paper towel)
3. Spatula makeup (opsional), atau sendok kecil

Langkah pengerjaan:

1. Hancurkan bubuk isi palet makeup tersebut hingga butirannya menjadi sangat halus dengan spatula makeup atau sendok.
2. Tuangkan beberapa tetes alkohol tadi ke bubuk yang hancur, lalu aduk hingga konsistensinya merata.
3. Setelahnya, rapikan isian palet makeup tadi sembari dibersihkan bagian luarnya.
4. Letakkan tisu tebal di atas produk tersebut, lalu tekan dengan benda yang memiliki permukaan datar untuk menghaluskannya.
5. Biarkan isian palet tersebut mengering selama sekitar 30 menit (atau semalaman) dalam keadaan palette sedikit terbuka.
9. Voila! isi palet makeup yang rusak tadi kembali bagus seperti sedia kala dan siap digunakan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shahla Laihah (@shahlalaihah)

(brl/far)