Tanpa air beras, ini cara cerahkan kulit tangan kusam dan berkeriput pakai pelembap dari 1 lalapan

27 Desember 2023 08:00 WIB

Brilio.net - Merawat kulit tidak hanya berfokus pada wajah saja, namun juga bagian tubuh lain seperti kulit tangan yang membutuhkan perawatan rutin. Jika tidak dirawat dengan rutin, bisa membuat kulit tangan menjadi tampak kusam dan berkeriput.

Sebenarnya, penyebab dari kulit tangan kusam dan berkeriput tidak hanya dikarenakan kurangnya perawatan. Ada beberapa faktor lain yang memengaruhi, seperti penuaan yang terjadi secara alami. Semakin bertambahnya usia seseorang, pasti kulit akan mengalami penuaan. Kondisi ini membuat kulit tangan mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin. Dampaknya adalah kulit yang berubah menjadi berkeriput dan kendur.

Kondisi penuaan ini bisa terjadi semakin cepat jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar UV bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin di dalam kulit. Bahkan bisa meningkatkan produksi melanin, sehingga kulit tampak kusam dan timbul bintik-bintik hitam. Di sisi lain, paparan sinar matahari juga akan menghilangkan kelembapan alami di dalam kulit dan membuatnya menjadi kering.

Untuk mengatasi kulit tangan kusam dan kering, salah satu caranya adalah memakai pelembap yang terbuat dari bahan alami. Kamu bisa menggunakan pelembap alami yang terbuat dari mentimun, lemon, dan rose water. Semua bahan-bahan tersebut memiliki manfaat dan kandungan yang bisa mencerahkan serta menghidrasi.

Tidak hanya digunakan untuk campuran makanan ataupun lalapan, mentimun juga ternyata memiliki kegunaan untuk mengatasi kulit kering. Dilansir briliobeauty.net dari asianbeautyessentials.com, Selasa (26/12), mentimun mengandung air kurang lebih 95%. Dengan begitu, mentimun bisa memberikan hidrasi yang cukup pada kulit. Tidak hanya itu, sifat dingin pada mentimun juga mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang bisa menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Tak hanya itu, lemon juga mampu merangsang produksi kolagen, sehingga bisa mengatasi kulit tangan yang tampak kusam.

Sama halnya dengan mentimun, rose water memiliki kemampuan yang sama yaitu melembapkan kulit secara alami. Tak hanya itu, rose water juga bisa memberikan efek sejuk pada kulit. Sifat antiinflamasi rose water mampu meredakan iritasi dan peradangan pada kulit kering.

Hanya dengan menggunakan ketiga bahan utama tersebut, kulit tangan kusam dan kering bisa kembali cerah serta lembap. Jika kamu tertarik untuk menggunakan pelembap dari bahan-bahan tersebut, yuk simak langkah-langkah berikut ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube sheediysecreets, Selasa (26/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/sheediysecreets

1. 1 sendok makan jus mentimun
2. 1 sendok makan perasan lemon
3. 1 sendok makan rose water
4. 1 lembar kapas bersih

Cara membuat:

foto: YouTube/sheediysecreets

1. Tuangkan jus mentimun ke dalam mangkuk.
2. Campurkan dengan perasan jus lemon.
3. Tambahkan rose water dalam bahan tersebut.
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.
5. Pelembap alami tersebut sudah bisa diaplikasikan pada wajah.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/sheediysecreets

1. Bersihkan area tangan terlebih dahulu.
2. Ambil kapas bersih dan celupkan ke dalam pelembap alami tersebut.
3. Oleskan secara merata.
4. Diamkan kurang lebih 10 menit.
5. Bersihkan dengan menggunakan air biasa dan keringkan.
6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan trik ini secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu.

(brl/jad)