Tanpa air beras, ini cara memutihkan pigmentasi akibat bekas jerawat pakai 1 jenis tepung

3 Oktober 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Bekas jerawat atau biasa disebut dengan pigmentasi menjadi masalah umum yang sering dialami banyak orang. Biasanya jerawat ini meninggalkan bekas berupa bercak gelap ataupun kemerahan pada kulit. Kondisi tersebut membuat sejumlah orang merasa kurang percaya diri, karena hal tersebut bisa mengganggu penampilan.

Adanya bekas jerawat ini bisa terjadi karena kebiasan buruk yang dilakukan, seperti merusak atau menggaruk jerawat itu sendiri. Kebiasan ini bisa merusak jaringan kulit dan memicu peradangan lebih lanjut. Ketika terjadi peradangan pada kulit, folikel rambut tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri.

Proses peradangan tersebut membuat kulit menghasilkan melanin berlebihan, sehingga muncul pigmentasi yang tidak merata pada kulit. Untuk memutihkan pigmentasi akibat bekas jerawat, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti peeling kimia yang memanfaatkan asam glikolat dan asam salisilat yang bisa membantu pengelupasan kulit dan mengurangi pigmentasi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim pemutih dengan kandungan asam kojic, asam askorbat, dan niacinamide yang bisa mencerahkan wajah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengimbanginya dengan menggunakan face wash yang terbuat dari bahan alami. Jika biasanya bahan dasar yang digunakan adalah air beras, kamu juga bisa memanfaatkan bahan makanan lainnya.

Salah satu channel YouTube dengan nama ‘glamrstv’ membagikan cara menghilangkan pigmentasi wajah akibat bekat jerawat dengan menggunakan tepung besan. Bahan makanan ini memiliki sifat pembersihan yang lembut untuk membantu membersihkan pori-pori, menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang dapat memperburuk pigmentasi.

Kemampuan eksfoliasi tepung besan juga bisa membantu menghilangkan lapisan kulit yang mengandung pigmen berlebihan. Sementara itu, tepung beras mengandung partikel halus yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan, meratakan warna kulit, dan mengontrol minyak. Selain itu, ada bahan tambahan seperti bubuk kunyit.

Bahan-bahan tersebut bisa dimanfaatkan jadi face wash untuk membantu meratakan kulit wajah. Yuk, simak cara membuatnya seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube/glamrstv pada Selasa (3/10).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/glamrstv

1. 1 cup kecil tepung besan
2. 1 cup kecil tepung beras
3. 1 cup kecil bubuk kunyit

Cara membuat:

foto: YouTube/glamrstv

1. Masukkan tepung besan dan beras ke dalam toples
2. Campurkan dengan bubuk kunyit
3. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata
4. Bubuk dari bahan-bahan tersebut siap untuk digunakan

Cara menggunakan:

foto: YouTube/glamrstv

1. Ambil kurang lebih satu sendok makan bubuk dari bahan tersebut
2. Letakkan pada telapak tangan
3. Tuangkan sedikit air
4. Gosokkan terlebih dahulu pada telapak tangan
5. Usapkan pada wajah secara perlahan
6. Bilas dengan menggunakan air biasa
7. Gunakan trik ini secara rutin.

(brl/mal)