Tanpa ampas kopi, ini trik melembapkan kulit kering terkelupas pakai 1 jenis minuman

20 Oktober 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Kulit kering merupakan salah satu dari 4 tipe kulit umum yang ditandai dengan tingkat kelembapan rendah akibat minimnya jumlah air dan minyak alami kulit. Selain faktor genetik, kondisi kulit kering ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau udara dingin dapat membuat menguapkan air dan sebum dari kulit. Dalam prosesnya, kelembapan yang ditarik keluar ini membuat kulit terasa kering dan tidak nyaman.

Tahu nggak sih kalau kulit kering seringkali menyebabkan terjadinya masalah lain berupa pengelupasan kulit? Kondisi ini dikarenakan kulit kering pada dasarnya dapat membuat struktur sel pada lapisan kulit menjadi tidak menyatu satu sama lain, sehingga kulit pun sulit melakukan regenerasi. Akibatnya, proses pembaharuan kulit yang terhambat ini akan berujung pada tertinggalnya sisa-sisa kulit yang tidak terangkat. Selain menimbulkan rasa gatal dan iritasi, penampilan kulit pun akan menjadi kasar dan terlihat buruk karenanya.

Agar masalah di atas tidak terjadi, kamu yang memiliki kulit kering bisa mencoba mengandalkan bahan-bahan alami berkhasiat untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan dasar berupa campuran susu, tepung beras, dan minyak kelapa yang cara pembuatannya ditunjukkan oleh akun Instagram @catandvin, dilansir brilioebeauty.net pada Kamis (14/9).

melembapkan kulit kering
freepik.com

Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan kulit sensitif. Kandungan protein dalam susu, seperti kasein dan whey protein, dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dalam susu membantu mempertahankan kelembapan kulit dan mengurangi terjadinya kerusakan pada kulit kering.

melembapkan kulit kering
freepik.com

Tepung beras mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin E, dan mineral berupa magnesium dan zinc. Nutrisi-nutrisi ini memberikan manfaat dalam mengatasi kulit kering dan kusam dengan manfaatnya masing-masing. Vitamin B dan E membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga kekenyalan kulit. Sementara itu, magnesium dan zinc berperan aktif dalam menjaga keseimbangan dan kelembapan kulit wajah.

melembapkan kulit kering
freepik.com

Minyak kelapa terkenal mengandung banyak komponen asam lemak dan vitamin E. Kandungan dari 2 komponen ini secara efektif membantu menjaga kelembaban kulit secara mendalam dan meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang bisa mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh tepung beras
2. 1 sendok teh minyak kelapa padat
3. 1/2 gelas kecil susu cair murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

melembapkan kulit kering
Instagram/@catandvin

1. Masukkan 2 sendok teh tepung beras dalam sebuah wadah kecil
2. Tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa padat setelahnya
3. Tuangkan 1/2 gelas kecil susu murni bersama kedua bahan tadi
4. Aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata
5. Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh
6. Pijat lembut campuran tersebut ke wajah selama 3-5 menit, lalu diamkan 10 menit setelahnya
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari sisa residu
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Catty & Vince - Vloggers (@catandvin)

(brl/ola)