Tanpa ampas kopi, ini trik mencerahkan kulit gosong akibat panas-panasan pakai 1 bubuk kayu

18 / 09 / 2023 15:41 WIB

Brilio.net - Kegiatan di luar ruangan terkadang tidak bisa dihindari. Bahkan, beberapa profesi mengharuskan seseorang bekerja di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang bercampur dengan polusi pun jadi hal tak terelakkan. Akibatnya, nggak jarang dijumpai kulit menjadi rentan hitam gosong dan memerah karena terbakar panas matahari.

Kondisi ini terjadi karena matahari memancarkan banyak gelombang cahaya panas, salah satunya tipe sinar ultraviolet tipe B (UVB). Menurut penelitian medis, sinar tipe UVB bertanggung jawab dalam menimbulkan rasa iritasi terbakar dan memicu produksi melanin pada kulit akibat sifatnya yang merusak sel-sel kulit. Bagi banyak orang, hal ini kemudian akan membuat kulit meninggalkan bekas iritasi kemerahan serta bekas gosong kehitaman yang membuat kulit tampak belang.

Untuk mengatasi masalah ini kamu nggak harus buru-buru beli produk pemutih. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran bubuk kayu cendana (sandalwood) dan ekstrak jeruk, sebagaimana diperagakan pengguna akun Instagram @theglobalistagirl yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (18/9).

foto: freepik.com

Bubuk cendana mengandung senyawa aktif seperti alfa-santanol dan alfa-santalenol yang memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan astringen. Kandungan ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi peradangan yang sangat mungkin terjadi setelah berpanas-panasan.

Selain itu, bubuk cendana juga memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu menyamarkan noda hitam atau hiperpigmentasi pada kulit akibat panas matahari. Dengan begitu, kulit tetap terlihat cerah dan segar.

foto: freepik.com

Air dari buah jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C seperti asam askorbat serta komponen antioksidan. Vitamin C yang juga terkandung dalam kulit jeruk berperan penting dalam mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin yang disebabkan oleh panas matahari. Sementara itu, kandungan antioksidan dalam kulit jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat mempercepat kerusakan kondisi kulit.

Nah, kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh bubuk kayu cendana (sandalwood)
2. 2 sendok teh ekstrak jeruk (air/jus jeruk)
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Masukkan satu sendok teh bubuk cendana ke dalam wadah yang telah disediakan.
2. Kemudian, tambahkan 2 sendok teh ekstrak jeruk dari buah yang telah diperas bersama bubuk cendana tadi.
3. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata.
4. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker.
5. Gunakan tangan atau kuas masker untuk mengoleskan campuran tadi secara merata ke seluruh wajah, termasuk ke bagian leher.
6. Diamkan masker selama 20 menit atau sampai mengering.
7. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan lembut, lalu lanjutkan ke pemakaian skincare lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akriti Bhardwaj (@theglobalistagirl)