Tanpa baking soda dan kopi, ini trik mengecilkan pori-pori wajah pakai 1 jenis bahan makanan

1 September 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Setiap orang memiliki ukuran pori-pori yang berbeda. Bukan tanpa alasan, hal ini dipengaruhi oleh jenis kulit setiap individu. Pori-pori di wajah sebenarnya merupakan hal normal karena fungsinya untuk mengeluarkan kelebihan minyak, kotoran, serta racun di tubuh, sehingga tak mungkin bisa dihilangkan.

Namun sayangnya, memiliki pori-pori wajah dengan ukuran yang besar cukup mengganggu penampilan. Penyebab pori-pori besar pada wajah bisa karena faktor internal maupun eksternal. Faktor internal adalah yang berasal dari tubuh, antara lain genetik, bertambahnya usia, dan hormon. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan luar, yaitu paparan sinar UV, sumbatan minyak dan kotoran berlebih, serta konsumsi makanan tertentu.

Bahkan, kotoran-kotoran juga lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori di wajah kamu, sama hanya dengan sisa makeup. Sebum atau minyak yang bercampur dengan kotoran akan menyumbat pori-pori dan kemudian akan menyebabkan kulit wajah yang kusam dan berisiko menimbulkan beruntusan, jerawat, komedo dan masalah kulit wajah lainnya. Tidak hanya itu, makeup juga tidak akan menempel dengan maksimal.

Jika kamu salah satu yang mengalami masalah ini, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan perawatan wajah yang tepat. Salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami. Tak sedikit orang yang memanfaatkan baking soda dan kopi untuk mengecilkan pori-pori wajahnya. Pasalnya, kedua bahan tersebut dapat membantu membersihkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori.

foto: freepik.com

Ternyata ada bahan lain yang juga tak kalah ampuh untuk mengecilkan ukuran pori-pori wajah lho. Seperti video dari akun TikTok @salihab97 pada 2 Oktober 2022. Unggahan tersebut berisi tentang trik mengecilkan pori-pori wajah pakai 1 jenis bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur dan jeruk nipis.

"Open pores and skin tightening (Membuka pori-pori dan mengencangkan kulit)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @salihab97, Jumat (1/9).

Sebagai bahan makanan yang penuh serat, oatmeal memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, oatmeal juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk merawat kulit wajah lho. Kandungan saponin pada oatmeal ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori kulit. Saponin yaitu senyawa kimia yang sering dijumpai pada sabun atau gel cukur berperan penting dalam membersihkan kulit.

Kamu bisa menggunakan saponin pada oatmeal untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat pada kulit. Pemakaian masker oatmeal membantu membuka pori-pori dan memberikan kamu kulit yang halus nan bersih. Bahkan, jika digunakan secara rutin, oatmeal juga dapat mengecilkan pori-pori wajah sekaligus mengencangkan kulit.

Sementara putih telur, memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat dan lain sebagainya. Putih telur sangat terkenal manfaatnya, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Karena masker ini bisa digunakan sebagai eksfoliator, yang mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, debu dan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori.

Lemon juga merupakan salah satu buah yang dapat kamu manfaatkan untuk mengecilkan ukuran pori-pori wajah. Hal ini berkat kandungan asam sitrat didalamnya. Secara umum, asam sitrat berperan penting sebagai astringent alami yang dapat membantu memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

foto: TikTok/@salihab97

Cukup menggunakan ketiga bahan alami tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang diklaim mampu mengecilkan pori-pori wajah. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang lebih flawless, halus, dan bebas komedo. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 butir putih telur
2. 2 sendok teh bubuk oatmeal (haluskan pakai blender)
3. 1 sendok teh perasan lemon

foto: TikTok/@salihab97

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan berbusa
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Keringkan kemudian lanjutkan dengan pemakaian moisturizer
7. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih flawless dan glowing.

(brl/wen)