Tanpa baking soda dan lemon, ini cara simpel rontokkan noda kuning pada gigi cuma pakai 1 jenis daun

8 Desember 2023 09:00 WIB

Brilio.net - Perlu diketahui bahwa gigi sebenarnya memiliki warna putih gading. Sehingga perubahan warna gigi yang tampak menguning hingga kecokelatan pasti akan sangat terlihat. Perubahan warna gigi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti merokok dan gaya hidup yang tidak sehat lainnya.

Dikutip dari Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya. Makanan tertentu yang memiliki warna pekat dapat menodai email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi tampak kuning.

Minuman seperti teh dan kopi mengandung pigmen tanin yang dapat menempel pada permukaan gigi dan menyebabkan noda kuning atau kecokelatan. Lalu, makanan dengan bahan dasar kunyit, seperti kari ini dapat meninggalkan plak. Beberapa jenis buah yaitu blueberry dan blackberry, mengandung antosianin yang mempengaruhi perubahan warna.

Sementara itu, makanan dan minuman dengan kandungan tinggi asam lemak dapat merusak enamel, sehingga gigi mudah mengalami penumpukan plak. Nah, makanan dan minuman yang dimaksud adalah buah jeruk dan minuman bersoda.

Agar noda kuning pudar dan gigi kembali cerah, kamu perlu melakukan perawatan. Tak perlu menggunakan baking soda dan lemon, kamu bisa mengatasi noda kuning dengan alternatif bahan yaitu daun neem. Bahan alami tersebut mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Semua kandungan tersebut bisa membantu mengurangi plak atau noda kuning dan mencegah pembentukan tartar. Bahkan sifat antiinflamasi di dalam daun ini mampu meredakan peradangan.

foto: freepik.com

Sementara itu, bahan alami tambahan yaitu kunyit mengandung kurkumin dengan sifat antibakteri, antiinflamasi, dan pemutih alami. Adanya kandungan tersebut bisa membantu mengurangi perubahan warna pada gigi dan merontokkan noda kuning. Adanya bahan tambahan, seperti cengkeh membantu membersihkan gigi, merontokkan noda kuning, dan mengurangi bau mulut. Pasalnya, cengkeh ini mengandung antibakteri, antiseptik, dan analgesik.

Kandungan antibakteri alami dalam cengkeh akan membasmi bakteri penyebab bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar. Cengkeh juga akan membantu mengikis plak penyebab gigi kuning berkat antibakteri di dalamnya. Tak heran banyak orang yang memanfaatkan cengkeh menjadi bahan obat kumur alami.

Pemilik akun juga menambahkan sesame oil atau minyak wijen untuk memaksimalkan kebersihan gigi. Ini berkat kandungan antibakteri pada minyak wijen yang efektif membunuh bakteri yang dapat berkembang menjadi noda pada gigi. Begitupun dengan himalayan salt yang dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi penyebab plak.

Dengan menggunakan kelima bahan di atas, noda kuning pada gigi dapat hilang seiring berjalannya perawatan. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara-caranya, yuk simak informasi di bawah ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun YouTube Break The Snow pada Kamis (7/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/@breakthesnow

1. 1/4 Sendok teh bubuk kunyit
2. 1/4 Sendok teh bubuk daun neem
3. 1/4 Sendok teh bubuk cengkeh
4. 1/2 Sendok makan sesame oil
5. 1 Sendok teh garam himalayan.

Cara membuat:

foto: YouTube/@breakthesnow

1. Masukkan bubuk kunyit ke dalam wadah
2. Campurkan dengan bubuk daun neem
3. Tambahkan bubuk cengkeh
4. Tuangkan sesame oil ke dalam wadah tersebut
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara mengaplikasikan:

foto: YouTube/@breakthesnow

1. Ambil sikat bersih
2. Oleskan ramuan tersebut pada permukaan sikat
3. Gunakan ramuan tersebut untuk menyikat gigi kurang lebih selama satu menit
4. Biarkan selama dua menit
5. Kumur dengan menggunakan campuran air dan garam himalayan
6. Gunakan trik ini secara rutin dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.


(brl/tin)