Tanpa baking soda, ini cara memutihkan gigi penuh noda kuning pakai tambahan 1 bahan dapur

5 Januari 2024 20:11 WIB

Brilio.net - Mempunyai senyuman yang manis dengan gigi cerah dan bersih adalah sebuah aset kecantikan yang harus dijaga. Senyuman memberikan kesan menarik pada lawan bicara.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki tampilan gigi cerah dan bersih. Sebagian besar dari mereka justru mengalami masalah mulut, seperti timbulnya noda kuning pada gigi yang cenderung sulit untuk dihilangkan.

Timbulnya noda kuning ini bisa berasal dari berbagai faktor, yang pertama yaitu kebiasan merokok. Perlu kamu ketahui, rokok ini berasal dari tembakau yang di dalamnya memiliki berbagai kandungan zat, penyebab warna kuning pada gigi. Zat-zat kimia ini dapat menembus lapisan email gigi, sehingga mengubah warna gigi menjadi kuning dan kecokelatan.

Kedua yaitu, mengonsumsi minuman dan makanan berwarna bisa memengaruhi warna gigi. Makanan dan minuman tersebut mengandung pigmen yang bisa menempel pada permukaan gigi, jika hal ini tidak segera dibersihkan seiring dengan berjalannya waktu, bias menyebabkan perubahan warna.

Sementara itu, faktor ketiga yaitu kurangnya menjaga kebersihan pada gigi. Gigi yang kurang mendapatkan perawatan ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan plak. Nah, plak inilah yang bisa mengubah warna gigi menjadi tampak kuning.

Tentunya warna kuning pada gigi ini membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara untuk memutihkan gigi penuh noda kuning, salah satunya adalah mengkombinasikan pasta gigi dengan bahan-bahan alami.

Seperti yang dilakukan oleh pengguna Instagram @mysha_beauty_queen, ia memakai garam, kunyit, minyak kelapa, dan lemon. Keempat bahan tersebut memang sudah tidak asing untuk perawatan gigi. Hal ini dikarenakan keempat bahan tersebut mempunyai manfaat dan kandungannya masing-masing.

Dilansir briliobeauty.net dari healthshots, Jumat (5/1) garam memiliki sifat abrasif yang lembut dan dapat membantu menghilangkan plak, serta noda pada gigi. Namun, penggunaannya dalam jumlah berlebihan dapat merusak enamel gigi. Sebaiknya gunakan garam secukupnya saja.

Bahan berikutnya yaitu ada kunyit, rempah satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang dapat membantu dalam menjaga kebersihan mulut. Namun, kunyit juga dapat meninggalkan warna kuning pada gigi jika digunakan dalam jumlah besar secara terus-menerus. Maka dari itu, gunakan bubuk kunyit ini secukupnya.

Kemudian, bahan berikutnya ada minyak kelapa yang bisa digunakan untuk oil pulling (kumur minyak kelapa dalam mulut selama beberapa menit) diyakini dapat membantu mengurangi plak dan meningkatkan kesehatan gusi.

foto: Instagram/@mysha_beauty_queen

Bahan terakhir yaitu lemon, yang memiliki sifat asam yang dapat mengikis lapisan email gigi. Penggunaan lemon secara langsung atau terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Oleh karena itu, cukup gunakan lemon sedikit saja.

Lantas bagaimana cara menggunakan kombinasi bahan-bahan tersebut dengan pasta gigi? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah dibawah ini, yang dirangkum briliobeauty.net dari Instagram @mysha_beauty_queen, Jumat (5/1).

Bahan-bahan:

foto: Instagram/@mysha_beauty_queen

1. 1/3 sendok teh garam
2. 1/4 sendok teh bubuk kunyit
3. 1/3 sendok makan minyak kelapa
4. 1/2 buah lemon
5. 1 sendok teh pasta gigi.

Cara membuat:

foto: Instagram/@mysha_beauty_queen

1. Taburkan garam ke dalam mangkuk
2. Tambahkan bubuk kunyit
3. Campurkan dengan minyak kelapa
4. Tuangkan perasan lemon
5. Masukkan pasta gigi
6. Aduk semua bahan tersebut menggunaakan sikat
7. Gunakan sikat tersebut untuk menggosok gigi, kurang lebih satu menit
8. Kumur-kumur dengan menggunakan air biasa
9. Pakai trik ini secara rutin, agar gigi kembali putih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mysha beauty queen (influencer) (@mysha_beauty_queen)

(brl/lea)