Tanpa beli masker kunyit, ini trik cerahkan flek hitam di wajah agar glowing pakai 1 campuran minuman

09 / 11 / 2023 19:10 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama timbulnya flek hitam pada wajah. Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan meningkatan produksi melanin atau pigmen alami kulit. Produksi melanin yang tidak merata bakal menyebabkan bintik-bintik hitam muncul di permukaan wajah. Tak hanya itu, produksi melanin yang berlebih juga bisa bikin kulit kamu terlihat lebih gelap.

Berbicara mengenai flek hitam, kondisi ini biasanya timbul di beberapa area wajah, seperti pipi, bawah mata, dan tulang hidung. Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, flek hitam juga bisa disebabkan oleh bekas jerawat, perubahan hormon, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai. Faktor lain seperti kurangnya asupan vitamin juga berpengaruh dalam masalah kulit ini. Pasalnya kulit yang kekurangan vitamin B12, K, dan vitamin E lebih mudah terkena masalah flek hitam.

Untuk mengatasinya, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah merawat kulit menggunakan bahan alami. Kalau biasanya perawatan ini mengandalkan tambahan kunyit sebagai sumber antioksidannya, kali ini kamu hanya perlu memakai tiga bahan yaitu beetroot, gula pasir, dan lemon. Pastinya, ketika bahan ini memiliki kandungan dan manfaatnya untuk kulit.

Buah beetroot ini merupakan bagian dari keluarga amaranthaceae chenopodiaceae, sehingga masih satu jenis dengan sayuran berakar, seperti halnya lobak. Biasanya buah ini digunakan untuk campuran pada makanan atau dijadikan jus. Dibalik itu, buah beetroot ini memiliki kandungan, berupa vitamin C, kalium, dan folat. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah jerawat, mencegah penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Sementara itu, adanya campuran bahan minuman yakni gula mampu menjadi eksfoliasi alami. Kemampuannya itu bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga tampak halus dan cerah. Kemudian, lemon di dalam masker ini berperan mencerahkan karena terdapat vitamin C dan asam sitrat.

Setelah mengetahui manfaat di atas, apakah kamu tertarik menggunakan bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin memakainya, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

foto: YouTube/meintiammayihome

Bahan-bahan:

1. 2 sendok makan beetroot
2. 1 sendok makan gula pasir
3. 1/2 buah lemon.

foto: YouTube/meintiammayihome

Cara membuat:

1. Cuci bersih buah beetroot
2. Haluskan menggunakan parutan
3. Ambil kurang lebih dua sendok makan
4. Masukkan ke dalam mangkuk
5. Tuangkan gula pasir
6. Tambahkan dengan perasan lemon
7. Aduk semua bahan hingga tercampu rata.

foto: YouTube/meintiammayihome

Cara menggunakan:

1. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Aplikasikan pada wajah secara merata
3. Diamkan kurang lebih lima menit
4. Gosok-gosokkan masker tersebut secara perlahan
5. Bilas menggunakan air bisa.