Tanpa beli obat kumur, ini trik atasi bau napas tak sedap cuma pakai daun sirih dicampur 1 bahan dapur

31 / 05 / 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Gigi kuning, gigi berkarang, radang gusi, karies gigi, hingga bau napas tidak sedap menjadi segelintir masalah gigi dan mulut yang cukup mengganggu kenyamanan penderitanya. Apalagi tak sedikit orang yang kurang menyadari bahwa dirinya mengalami bau mulut tak sedap.

Meskipun sudah berpenampilan menarik, memiliki bau mulut yang tak sedap bisa menurunkan kepercayaan diri. Salah satu masalah mulut ini dikenal dengan istilah halitosis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Dilansir dari Healthline, bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan yang tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang berbau busuk. Nah, senyawa belerang inilah yang selama ini menjadikan napas jadi berbau tak sedap.

Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak, hingga membentuk plak dan menghasilkan karang gigi yang membandel. Nggak cuma itu, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi mudah mengalami infeksi dan menyebabkan sakit gigi serta radang gusi.

Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi sangatlah penting guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Selain karena tidak menjaga kebersihan mulut, ternyata bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan merokok, makan makanan beraroma kuat, hingga penyakit pencernaan.

Untuk mengatasinya, tak sedikit orang memanfaatkan obat kumur sebagai upaya untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Cara ini memang efektif, namun ternyata ada cara yang tak kalah efektif tanpa membeli obat kumur lho. Dengan cara ini kamu hanya membutuhkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @zuriaty_musa. Dalam videonya, ia hanya memakai daun sirih yang dicampur 1 bahan dapur berupa garam.

foto: TikTok/@zuriaty_musa

Kandungan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Daun sirih ternyata bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, lho. Melansir dari Healthline, daun sirih memiliki kandungan senyawa fito-kimia, yakni alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Berkat kandungan tersebut, daun sirih bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri sebagai antibakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi bau mulut tak sedap. Di dalamnya juga terdapat zat allylpyrocatechol (APC) yang mampu menghambat bakteri penyebab bau mulut. Daun herbal ini juga dapat mengurangi risiko terbentuknya karies gigi.

Manfaat garam untuk mencegah bau mulut.

Garam mengandung antimikroba alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu, garam ternyata juga efektif untuk mengikis plak dan merontokkan karang gigi, yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Bahkan bahan dapur yang memberikan rasa asin ini juga efektif mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

foto: TikTok/@zuriaty_musa

Cukup mengandalkan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat obat kumur yang diklaim efektif mengatasi bau mulut tidak sedap. Tak cuma itu, obat kumur alami ini juga ampuh mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab masalah mulut yang lain. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @zuriaty_musa, Jumat (31/5).

Bahan:

- Beberapa helai daun sirih
- Sejumput garam
- 1 cup air panas

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci daun sirih sampai bersih.
2. Iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil.
3. Masukkan ke dalam wadah lalu tambahkan air panas.
4. Tutup wadah dan biarkan daun sirih terendam air panas.

foto: TikTok/@zuriaty_musa

5. Diamkan hingga air berubah menjadi hangat suam kuku.
6. Lebih lanjut, tambahkan garam lalu aduk-aduk sampai garam larut.
7. Gunakan untuk berkumur setiap hari setelah menyikat gigi untuk mendapatkan napas segar bebas bau mulut tak sedap.